Pemerintah Kota Denpasar, Bali menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dalam upaya meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam bidang perencanaan pembangunan.

Kepala Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Gadjah Mada, Prof. Bakti Setiawan di Yogyakarta, Senin, mengatakan pihaknya bangga atas kedatangan Pemkot Denpasar yang bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang perencanaan kota.

Informasi yang diterima dari Humas Pemkot Denpasar menyebutkan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk realisasi komitmen UGM membantu pusat-pusat pertumbuhan masyarakat di seluruh kawasan Indonesia.

"Kami merasa bangga atas kedatangan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra beserta jajarannya yang senantiasa terus berupaya meningkatkan SDM yang profesional, khususnya di bidang perencanaan," ujar Prof Bakti Setiawan.

Kegiatan kerja sama tersebut dikemas melalui pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Gadjah Mada.

Prof. Bakti mengaku pihaknya akan senantiasa bekerja sama dengan Pemkot Denpasar untuk bersama-sama meningkatkan kinerja di dalam menjadikan Denpasar menjadi kota budaya berkelas internasional.

"Kami tahu berbagai prestasi telah diraih Pemkot Denpasar. Disini kami ingin memaksimalkan kemampuan SDM yang sudah baik menjadi profesional dibidangnya," ujar Prof. Bakti.

Baca juga: Pemkot Denpasar himpun aspirasi rakyat lewat Konsultasi Publik RKPD

Sementara itu, Wali Kota Rai Mantra menyambut baik kerja sama yang telah terjalin selama ini. Pihaknya berharap dari Bimtek ini ke depan perencanaan di Kota Denpasar lebih efisien dan efektif serta tepat guna.

"Dengan Bimtek ini ke depan perencanaan di Kota Denpasar dapat tepat guna dan strategis di dalam menjawab apa yang menjadi tuntutan masyarakat serta kemanfaatannya dapat dirasakan masyarakat secara langsung," ujarnya.

Rai Mantra mengatakan kegiatan ini pula untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan SDM guna memecahkan permasalahan serta mencari solusi di dalam meningkatkan pembangunan di Kota Denpasar.

"Dengan ini, tentunya dapat menjadi wadah pembelajaran serta mencari solusi di dalam perencanaan dan kebijakan strategis yang dapat meningkatkan kemampuan SDM, dan menjadikan SDM yang profesional dalam bidang perencanaan dalam pembangunan daerah," ujar Rai Mantra.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020