Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan memerintahkan seluruh jajarannya menunaikan shalat gaib untuk KH Salahudin Wahid (Gus Sholah) yang meninggal dunia pada Minggu (2/2) malam.

"Saya sudah perintahkan seluruh Polres jajaran melaksanakan shalat gaib," ujarnya kepada wartawan Mapolda Jatim di Surabaya, Senin.

Mewakili seluruh jajarannya kepolisian di Jatim, ia mengucapkan duka cita atas meninggalnya Gus Sholah dan mendoakan agar almarhum diterima di sisi Allah SWT.

"Pada kesempatan ini, saya selaku Kapolda Jatim beserta seluruh jajaran staf dan para Kapolres ikut berbela sungkawa kepada tokoh besar di Jatim, tokoh nasional kita almarhum KH Salahudin Wahid," ucapnya.

Jenderal polisi bintang dua itu mengaku kehilangan karena Gus Sholah juga sering mengisi ceramah di Polda Jatim. "Sebagai bentuk kehilangan, Kapolda dan jajaran mendoakan beliau bisa diterima di sisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan selalu tabah," katanya.

Gus Sholah tutup usia setelah sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu (2/2).

Gus Sholah adalah pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, yang juga adik kandung dari Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Gus Sholah lahir di Jombang pada 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020