Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali meraih penghargaan dari Kementerian Agraria Dan Tata Ruang, karena dianggap baik dalam melakukan penataan sektor tersebut.

Penghargaan yang diterima Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Jembrana I Wayan Darwin tersebut, itu diserahkan kepada Bupati I Putu Artha di Negara, Kabupaten Jembrana, Kamis.

"Penghargaan ini diberikan, sebagai bentuk apresiasi kinerja penataan ruang yang baik di kabupaten dengan pengawasan Kementerian Agraria Dan Tata Ruang," kata Darwin.

Ia mengatakan, pengawasan oleh kementerian tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

Sebelum mendapatkan penghargaan itu, dilakukan penilaian dengan melihat lima aspek yaitu perencanaan, pengaturan, pembinaan, pemanfaatan dan pengendalian. "Akumulasi dari penilaian itu Kabupaten Jembrana mendapat nilai rata-rata 84 sehingga masuk kategori baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Artha mengatakan, tidak semua daerah mampu menyelenggarakan penataan ruang secara optimal, dengan orientasi untuk kemakmuran rakyat.

Menurutnya, secara nasional, terdapat 66 kabupaten/kota yang dinilai memiliki kinerja baik. "Di Provinsi Bali, Jembrana adalah satu dari tiga kabupaten/kota yang dinilai memiliki kinerja baik dalam penyelenggaraan penataan ruang. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerjasama semua pihak untuk mewujudkan prestasi ini," katanya.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020