Serang (Antara Bali) - Tol Tangerang - Merak siap menjadi gerbang wisata di Provinsi Banten dengan selesainya pekerjaan rekonstruksi pada 2012, lebih cepat dari target awal yakni 2014.

"Bekerja sama dengan pemerintah daerah kami mengharapkan kehadiran jalan tol ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Provinsi Banten," kata Manajer Perencanaan Perusahaan PT Marga Mandala Sakti Rury Purwantoko di Serang, Selasa.

Rury mengatakan, PT Marga Mandala Sakti selaku pengelola jalan tol Tangerang - Merak memiliki empat tempat istirahat yang dapat dimanfaatkan bagi pemerintah daerah untuk mempromosikan objek wisata setempat.

Dalam rangka promosi pariwisata, tambah Rury, perusahaan juga menjalin kerja sama dengan pihak swasta yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten.

PT Marga Mandala Sakti terus membenahi berbagai fasilitas jalan tol sepanjang 75 kilometer seperti lampu penerangan, kabel pengaman, pagar, rambu-rambu, kendaraan layanan, dan berbagai kelengkapan lain dengan tujuan pengguna jalan merasa aman dan nyaman, jelas dia.

Rury juga menyampaikan, PT Marga Mandala Sakti tengah merancang agar jalan tol Tangerang - Merak lebih ramah lingkungan dengan cara menanami berbagai jenis pohon pada median jalan tol, sisi kanan-kiri dan tengah.

"Tanaman di jalan tol juga tidak dapat sembarang, selain harus memiliki estetika juga mempertimbangkan faktor keselamatan pengguna jalan, mampu meminimalkan gas buang kendaraan, serta mampu meredam kebisingan," ujar dia.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012