Kuta (Antara Bali) - Pasar ikan Kedonganan, kawasan Kuta, Kabupaten Badung, ramai dikunjungi pembeli saat menjelang perayaan pergantian tahun.

Dari pantauan ANTARA, Sabtu siang, sejumlah pembeli dari warga Kuta dan Denpasar memenuhi pasar tersebut untuk memborong ikan segar yang akan digunakan untuk pesta bakar ikan di rumah masing-masing.

"Belanja di sini banyak pilihan. Ikannya juga segar-segar, karena baru turun dari kapal nelayan pagi tadi," kata Hadiwinoto Tan, salah seorang warga Jalan Tukad Balian, Denpasar, yang sengaja berbelanja ikan di pasar Kedonganan untuk memenuhi kebutuhan pesta bakar ikan di rumahnya.

Paris Syahroni, salah seorang pedagang ikan pasar Kedonganan mengaku sejak pagi lapaknya sudah didatangi sekitar 200 pembeli. "Sejak pagi tadi sudah ramai. Ada beberapa orang yang beli ikan sampai 50 kilogram," katanya.

Selain ikan berbagai jenis, hasil laut lainnya yang dijual di pasar tersebut seperti cumi-cumi dengan rata-rata per kilonya Rp35 ribu, udang berukuran sedang seharga Rp85 ribu per kilogram.

Meski harga ikan terbilang cukup naik, membeli ikan dengan jumlah banyak dan membakarnya bersama keluarga serta kerabat merupakan sebuah tradisi yang selalu ada setiap malam tahun baru. Bagi keluarga yang tidak dapat menghabiskan detik-detik terakhir tahun 2011 di luar rumah, tetapi membakar ikan di rumah bersama bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Pasar ini cukup berbeda dengan hari biasa, sepanjang jalan pantai Kedoganan tersebut pun dipenuhi dengan parkir kendaraan bermotor. Bahkan pedangan alat bakar ikan, pisau untuk memotong ikan, dan arang yang tidak biasanya pun tampak bertebaran di kawasan pantai itu. (pwd/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011