Gianyar (Antara Bali) - Nelayan Pantai Lebih, Kabupaten Gianyar, tidak mampu menyediakan ikan guna memenuhi pesanan masyarakat sekitar dan wilayah Bali lainnya untuk keperluan pesta menyambut Tahun Baru 2012.

Karena banyaknya permintaan tersebut, nelayan Pantai Lebih terpaksa memesan ikan tongkol dari Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

"Saat ini ikan tongkol di daerah kita tergolong paceklik, sehingga terpaksa memesan ke Karangasem, " kata I Nyoman Col, salah seorang nelayan ketika ditemui di Pantai Lebih, Sabtu.

Dari 100 kilogram ikan kiriman tersebut, katanya, sudah lansung habis terjual, walaupun dengan harga yang cukup tinggi dari hari biasanya.

Untuk satu kilogram ikan jenis tongkol, pihaknya menjual dengan harga Rp26 ribu, padahal pada hari biasa sebelumnya hanya sekitar Rp19 ribu, ujarnya.

Pemesan ikan jenis tongkol itu dilakukan sejak Jumat (30/12) malam, karena di Pantai Lebih tak ada satupun nelayan yang mendapatkan ikan yang sering digunakan untuk hajatan pesta dengan cara dipanggang itu.

Saat ini, nelayan Pantai Lebih umumnya banyak mendapatkan ikan jangki, yang harganya lebih mahal, yakni mencapai Rp45 ribu.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011