Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung, Bali, terus melakukan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung tahun 2020 kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

"Kami memang ingin lebih awal dalam menyampaikan sosialisasi tahapan-tahapan pemilihan kepala daerah Badung tahun 2020 dengan menyasar berbagai segmen masyarakat," ujar Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, saat dikonfirmasi dari Mangupura, Sabtu.



Sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan mengadakan konser dan pementasan seni lawak Bali di atas truk pada 10 Desember lalu dengan berkeliling sejumlah sekolah yang menyasar pemilih dari kalangan milenial.

Pada hari yang sama, kegiatan serupa juga diselenggarakan di kawasan Pasar Mengwi dengan harapan dapat menyasar para pemilih tradisional.

"Pada Kamis (19/12) lalu, kami juga telah melakukan Gebyar Sosialisasi di Lapangan Desa Ungasan, Kuta Selatan, sebagai rangkaian acara puncak sosialisasi pada akhir tahun 2019," kata Wayan Semara Cipta.

Pada kesempatan itu, KPU Badung juga meluncurkan maskot KPU Badung dalam Pilkada 2020 yaitu "Nayakottama Prayojana" yang bermakna memilih Pemimpin Mulia, berlandaskan Asta Brata atau delapan ajaran utama tentang kepemimpinan yang ideal berdasarkan filosofi cerita Ramayana.

Wayan Semara Cipta menambahkan, pada tahun 2020, pihaknya akan semakin memadatkan kegiatan sosialisasi Pilkada Badung dengan melibatkan badan ad hoc yang akan dibentuk pada Januari mendatang.

"Selama sembilan bulan masa tugasnya, merekalah yang akan menjadi leading sektor kami di tingkat kecamatan, desa/kelurahan," ujarnya.
 
Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga I Ketut Widia Astika mewakili Bupati Badung menerima penghargaan Kihajar 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Gedung Balai Kartini, Jl Gatot Subroto Kav 37, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). Antaranees Bali/Humas Badung

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada KPU Badung yang telah aktif melakukan sosialisasi dalam rangka menyambut Pilkada Badung tahun 2020 mendatang.

Menurutnya, dengan pelaksanaan sosialisasi di berbagai kawasan itu, masyarakat Badung dapat ikut berperan membantu KPU untuk mensosialisasikan tahapan-tahapan dalam Pilkada serta menjunjung dan melaksanakan proses demokrasi yang berkualitas dengan nantinya dapat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih.

"Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi oleh KPU Badung dapat meningkatkan peran serta partisipasi seluruh lapisan masyarakat serta berbagai pemangku kepentingan untuk mensukseskan Pilkada 2020," kata Wabup Suiasa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019