Ratusan anggota satuan pengamanan (satpam) dari kabupaten dan kota di Bali mengikuti lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) Kreasi 2019.

Ketua Panitia Lomba PBB Kreasi, Nyoman Sukresni, di GOR Ngurah Rai Denpasar, Minggu, mengatakan kegiatan tersebut baru pertama diselenggarakan, namun antusiasme peserta dari satpam beregu cukup tinggi.

Ia mengatakan ada beberapa kriteria penilaian yang menjadi tolak ukur para juri dalam lomba tersebut, mulai dari kerapian gerak, keterampilan baris-berbaris personel satpam dan tim, kreasi gerak, hingga kekompakan tim satpam dalam melakukan baris-berbaris.

"Sebanyak 10 tim satpam ikut serta dalam lomba yang digelar serangkaian Hari Ulang Tahun Ke-30 Satpam yang diperingati setiap 31 Desember," katanya.

Di depan para juri, para peserta lomba yang berjumlah 10 tim satpam itu bersaing menjadi yang terbaik dalam lomba PBB Kreasi 2019.

Baca juga: Polda Bali sidak satpam tak berizin di Kuta

Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) menyambut baik lomba PBB Kreasi karena selain ajang adu keterampilan dan sportivitas, lomba itu juga mempererat hubungan antarpersonel satpam.

"Kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempersatukan pihak-pihak pemangku kepentingan yang bergerak di bidang jasa pengamanan swasta di Bali," kata Ketua DPD APSI Bali Gede Risky Pramana.

Pihak Direktorat Binmas Polda Bali ikut mendukung kegiatan itu. Rencananya, lomba seperti itu akan digelar rutin setiap tahun.

"Lomba semacam ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas dan profesionalisme satpam dalam menjalankan tugasnya. Keterampilan seperti ini (PBB, red.) merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang satpam di samping keterampilan-keterampilan lainnya yang wajib dimiliki seorang satpam," kata Wadir Binmas Polda Bali AKBP Ni Wayan Sri Yudayatni.

Pemenang lomba, yakni Tim ITDC Polresta Denpasar sebagai juara pertama, Tim Satpam Polres Badung juara kedua, dan Tim Satpam PT ISS juara ketiga, sedangkan Tim FKS Polresta Denpasar juara favorit.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019