Denpasar (Antara Bali) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Anom menilai, program sertifikasi guru belum terlalu berpengaruh signifikan meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di jenjang pendidikan Sekolah Dasar.

"Khususnya pada guru-guru SD, mereka yang lulus sertifikasi, peningkatan kinerjanya belum begitu memuaskan," kata Ida Bagus Ngurah Anom, di Denpasar, Selasa.

Padahal, ujar dia, konsep sertifikasi itu muncul untuk memberikan penghargaan pada para guru supaya dapat meningkatkan proses pendidikan di sekolah.

Menurutnya, untuk para guru tersertifikasi yang mengajar di jenjang SMP, SMA, dan SMK terlihat kinerjanya sudah berjalan lebih baik walaupun belum optimal.

"Bisa jadi pada guru di sekolah menengah, pola pikirnya sudah berubah dan lebih maju dibandingkan guru SD. Oleh karena itu, seyogyanya para guru di tingkatan sekolah dasar dapat mengubah pola pikirnya bahwa kehadiran sertifikasi akan lebih menggairahkan mereka untuk berinovasi memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan," ujarnya.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011