Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, mengatakan, keberadaan koperasi berkontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Koperasi itu selain untuk meraih keuntungan atau profit juga memiliki peran dalam upaya menyejahterakan anggotanya sehingga secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak juga kepada fundamen ekonomi kemasyarakatan," ujarnya saat pertemuan koperasi se-Kabupaten Badung di Mangupura, Kamis.

Oleh karena itu, Pemkab Badung memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan koperasi dan senantiasa melakukan pembinaan melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dengan harapan koperasi-koperasi di wilayah itu semakin baik.

"Koperasi juga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Badung dan membantu daya beli masyarakat semakin kuat sehingga kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan semakin cepat," katanya.

Terkait dengan kegiatan "Temu Wirasa" bertajuk "Leadership dan Human Capital Development" itu, ia menyambut baik karena kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai modal penting dalam pembangunan koperasi.

"Karena sumber daya manusia kalau diibaratkan itu seperti sebuah tiang dalam suatu koperasi, di mana apabila tiang tersebut kokoh maka koperasi akan berdiri dengan tegak," ujar Wabup Suiasa.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Badung, I Wayan Reta, mengatakan kegiatan tersebut untuk mendukung peningkatan SDM koperasi agar semakin andal, khususnya dalam hal kepemimpinan dan manajemen.

Ia mengatakan SDM koperasi harus terus menambah wawasan dan siap bersaing dalam kancah persaingan ekonomi global.

"Untuk memajukan koperasi, SDM merupakan suatu yang strategis sehingga dengan kegiatan temu wirasa itu dapat mewujudkan SDM yang kredibel yang mampu menjadikan koperasi dapat bersaing di tengah persaingan ketat antarlembaga," katanya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019