Sekretaris Kota Denpasar, Bali Anak Agung Ngurah Rai Iswara melakukan inspeksi mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya dalam upaya melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat .

"Saya bersama instansi terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) guna melihat langsung RSUD Wangaya memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat ,termasuk juga pengawai serta peningkatan pemanfaatan fasilitas rumah sakit itu," kata Rai Iswara di Denpasar, Senin.

Rai Iswara meninjau ruangan kerja pegawai serta tempat pelayanan kesehatan hingga gedung baru di areal RSUD Wangaya.

Dalam kesempatan itu, Rai Iswara meminta para pegawai untuk membuat suasana ruangan yang nyaman, sehingga masyarakat yang dilayani juga merasa nyaman, serta meningkatkan kemanfaatan fasilitas guna meningkatkan pelayanan.

"Saya harapkan semuanya bisa menata ruangan kerja nyaman, sehingga dalam melayani masyarakat merasa nyaman untuk mendapat pelayanan," ujar Rai Iswara.

Dikatakannya, peningkatan pelayanan harus didukung oleh disiplin pegawai yang sangat mempengaruhi kinerja dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Bagi yang tidak disiplin, pihaknya akan mendapat tindakan tegas.

Rai Iswara mengajak seluruh pegawai untuk mengikuti standar operasional prosedur (SOP) sehingga dapat mematuhi aturan disiplin kerja di pemerintahan. Melalui SOP tersebut semua pegawai menyatakan diri melakukan tindakan disiplin sehingga apabila terjadi pelanggaran dapat dilakukan tindakan.

"SOP itu merupakan perjanjian pegawai dalam melakukan pelayanan pada masyarakat. Bila melanggar secara otomatis dapat dilakukan tindakan disiplin," ujarnya.

Untuk menegakkan disiplin, Rai Iswara menekankan empat hal yang harus menjadi perhatian dalam pelayanan. Di antaranya penguatan kelembagaan setiap OPD harus mampu untuk melakukan penguatan kelembagaan dengan mengetahui peran dari OPD masing-masing dalam pembangunan.

Disamping itu juga harus meningkatkan kualitas diri untuk mendukung penguatan kelembagaan tersebut. Kualitas diri dalam hal ini peningkatan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dalam meningkatkan dan penguatan kelembagaan.

Setelah itu, menurut Rai Iswara masing-masing pegawai mengetahui tugas pokok dan fungsi masing-masing pegawai. Dengan demikian dapat melakukan program sesuai dengan perencanaan awal. Dan menjaga citra dari lembaga masing-masing OPD.

"Bila empat hal ini dilakukan saya yakin kinerja pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dapat terus ditingkatkan," ucapnya.

Sementara Pelaksana Tugas Direktur RSUD Wangaya Kota Denpasar, dr. Dewa Putu Alit Parwita mengatakan berbagai pelayanan terus ditingkatkan di RSUD Wangaya. Adapun pelayanan terbaru yang akan diresmikan pada pertengahan Desember mendatang yakni ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

ESWL merupakan alat yang digunakan untuk menangani penyakit batu ginjal. Gelombang kejut dikosentrasikan di sekitar ginjal untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan kecil yang selanjutnya bisa dikeluarkan melalui urine.

"Setelah di uji coba dan diresmikannya diharapkan alat ini dapat meningkatkan pelayanan di RSUD Wangaya serta dapat dirasakan langsung kemanfaatannya bagi masyarakat Bali dan Denpasar khususnya," ujarnya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019