Denpasar (Antara Bali) - Perdagagan luar negeri aneka jenis ukiran dan patung batu padas buatan para pengrajin Bali ramai  ke negara konsumen, terutama ke kawasan Eropa dan Amerika Serikat menjelang akhir tahun 2011.

"Ekspor patung batu padas jenis Budha dalam berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar cukup ramai menjelang akhir tahun 2011," kata Kasi Ekspor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali, Putu Bagiada SE di Denpasar Rabu.

Ia menjelaskan, perolehan devisa dari aneka kerajinan berbahan batu padas selama Oktober 2011 bernilai 1,1 juta dolar AS, naik 22,79 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya hanya 941 ribu dolar.

Sementara volume pengapalannya naik hanya lima persen dari sebanyak 248.973 pcs selama September bertambah menjadi 261.819 pcs, ini artinya harga satuan barang bernilai seni tersebut menerima harga lebih mahal.

Seni kerajinan batu padas tetap laku ke pasar luar negeri karena pengrajin Bali dinilai kreatif dalam mengembangkan desain dan mampu memenuhi permintaan pasar dengan harga yang lebih baik di pasaran ekspor.(**)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011