Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang akrab dipanggil Cok Ace, akan ikut "mesolah" atau menari dalam pergelaran Dramatari Basur Ahamkara serangkaian ajang Utsawa Bali Sani (UBS) ke-10 yang dihelat Universitas Hindu Indonesia Denpasar, 9-13 Oktober 2019.

"Saya kira ini luar biasa. Wakil Gubernur Bali akan ikut berpartisipasi 'mesolah' saat pagelaran Dramatari Basur Ahamkara yang juga dimeriahkan oleh Bondres Clekontong Mas. Begitu juga, Utsawa Bali Sani ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Bali," kata Wakil Rektor III Unhi Denpasar Dr Wayan Muka, ST, MT, di Denpasar, Selasa.

Menurut Muka, keinginan Wagub Bali untuk ikut menari dalam gelaran UBS 2019 telah disampaikan langsung saat Rektor Unhi Denpasar Prof Dr drh I Made Damriyasa didampingi Wakil Rektor III Dr I Wayan Muka serta Koordinator Sie Acara UBS Ida Bagus Purwa Sidemen, SAg, MSi dan Cokorda Putra beraudiensi dengan Wagub Bali pada Senin (7/10).

Penyelenggaraan UBS ke-10 ini, tambah Muka, akan mengangkat tema "Bayu Pramananing Bhuwana, Angin Sebagai Sumber Kehidupan Alam semesta".

"UBS ini sebagai bentuk komitmen Unhi Denpasar dalam bentuk pelestarian seni dan budaya Bali. UBS akan dibuka di panggung terbuka kampus Unhi Denpasaf," ujar Muka.

Pihaknya melibatkan seluruh komponen masyarakat khususnya di lingkungan kampus Universitas Hindu Indonesia. "Nanti akan ada Tari Pendet massal dari adik-adik Sekolah Dasar. Ada juga parade Gong Kebyar wanita dari SMA 3 Denpasar, dan juga sekaa gong wanita Banjar Tembawu Tengah ikut tampil. Ini semua adalah potensi yang ada di sekitar kampus Unhi," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Bali Inginkan Unhi Denpasar jadi PTN

Ke depan, lanjut Mantan Dekan Teknik ini, panitia Utsawa Bali Sani akan terus melibatkan adik-adik untuk ikut terlibat di dalam UBS ini. Apalagi pelaksanaan UBS juga bermaksud untuk melestarikan seni dan budaya sejak dini. Lomba yang masih menjadi favorit adalah Bapang Barong dan Jauk Manis yang memang menjadi ikon dari Utsawa Bali Sani.

"Dalam UBS Tahun ini di ajang lomba bapang barong akan ada 'perang bintang' yakni juara 1 di Bali akan dilombakan. Selain itu, kami mementaskan garapan baru yakni Dramatari Basur Ahamkara yang akan dimeriahkan oleh Bondres Clekontong Mas," katanya.

Utsawa Bali Sani X akan diselenggarakan selama lima hari, hari pertama Rabu (9/10) lomba penjor di internal Unhi, selanjutnya Kamis (10/10) Pembukaan UBS, Jumat (11/10) ada Lomba Lawar, Lomba Lukis, Lomba Busana Adat ke Pura, Lomba Jauk Manis dan Kendang.

Kemudian Sabtu (12/10) dimeriahkan Lomba Dharma Wacana, Bapang Barong dan Kendang dan terakhir Minggu (13/10) acara penutupan diakhiri dengan Dramatari Basur Ahamkara.

Baca juga: Unhi Denpasar rencanakan buka prodi hukum adat

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019