Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar untuk belajar dalam pelayanan kepada masyarakat di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Rombongan Pemkab Purwakarta dipimpin Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika diterima Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di Graha Sewaka Dharma Kota Denpasar, Bali, Senin.

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan tujuan pelaksanaan kunjungan kerja Pemkab Purwakarta ke Pemkot Denpasar untuk mempelajari tentang keberhasilan MPP Kota Denpasar menjadi yang terbaik di Indonesia. Selain itu, inovasi "Damamaya  Denpasar Cyber Monitor" juga menarik untuk diaplikasikan di Kabupaten Purwakarta. Sehingga upaya untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dapat diciptakan.

"Tadi kami sudah berkeliling dan melihat satu per satu inovasi di Pemkot Denpasar, dan ini sangat menarik dan memberikan manfaat bagi masyarakat, tentunya sebisa mungkin akan kami aplikasikan di Pemkab Purwakarta sebagai upaya untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Sebelum berbincang dan mempelajari lebih jauh MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar, seluruh rombongan terlebih dahulu berkeliling melihat pelayanan di MPP tersebut.

Peninjauan pelayanan publik berjumlah sebanyak 194 layanan dimulai dari Pelayanan Perijinan, pelayanan dari instansi vertikal, Disdukcapil, hingga "Damamaya Cyber Monitor". Selain itu, beragam inovasi dan terobosan pembangunan dan pelayanan di Kota Denpasar turut dipaparkan, mulai dari Damakesmas, Si-Darling, penataan sungai, serta obyek wisata di Kota Denpasar.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menekankan bahwa konsep pelayanan publik di Kota Denpasar tidak lepas dari visi pembangunan kota sebagai kota kreatif berwawasan budaya dalam keseimbangan menuju keharmonisan.

"Hal inilah yang menjadi landasan dalam memberikan pelayanan yang bergerak dalam balutan slogan 'Sewaka Dharma' yang artinya melayani adalah kewajiban," ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Wali Kota Rai Mantra, Pemkot Denpasar bersama seluruh jajaran senantiasa meningkatkan produk inovasi, khususnya di bidang pelayanan publik. Hal ini dilaksanakan dengan memadukan teknologi dan informasi sebagai wujud aplikasi "Denpasar Smart City".

"Graha Sewaka Dharma ini merupakan gedung Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar dengan 194 pelayanan langsung oleh 16 OPD dan organisasi vertikal dengan konsep pelayanan terpadu yang terintegrasi," ujarnya.

Rai Mantra menyampaikan rasa terima kasih atas dipilihnya MPP Sewaka Dharma Kota Denpasar sebagai lokasi kunjungan kerja Pemkab Purwakarta.

"Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi serta dipilihnya Kota Denpasar sebagai lokasi kunjungan kerja, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam mendukung pelayanan yang maksimal bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019