Pemerintah kabupaten Bangli
memperingati hari gemar baca buku tahun 2019 dan hari kunjungan ke perpustakaan dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa dan menumbuhkembangkan budaya baca, bukan hanya pada anak sekolah tetapi semua kalangan.
 
"Mengingat perpustakaan adalah sebagai wahana belajar sepanjang hayat, hari ini digelar acara Peringatan Hari Kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca tahun 2019," kata  Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bangli  I Nyoman Sumantra, di Bangli, Senin.

Acara yang dipusatkan di depan monumen Perjuangan Kapten Anom Mudita Bangli dihadiri oleh Asisten I Setda Kabupaten Bangli, Ketua DPRD Kabupaten Bangli Forkompimda Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Bali, Kepala sekolah, Komite Sekolah dan siswa SD dan SMP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli.

Nyoman Sumantra melaporkan Pelaksanaan kegiatan Hari Kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca tahun 2019 didasari oleh UU  Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Peraturan Menteri dalam negeri dan Otonomi daerah No.3 tahun 2001, Peraturan Daerah Kabupaten Bangli No 14 Tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2019, peraturan Bupati dan keputusan Bupati Bangli No955/768/2018.

Dengan maksud adalah memperingati bulan Gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan yang tujuannya untuk menumbuhkembangkan budaya membaca pada semua kalangan masyarakat guna meningkatkan kualitas kepribadian Bangsa Indonesia dengan menggunakan anggaran yang dibebankan pada APBD Kabupaten Bangli tahun 2019.

Dengan berbagai kegiatan diantaranya Lomba Bercerita tingkat Sekolah Dasar Sebagai juara satu dimenangkan oleh Ni Nyoman Yuni Puspita Saraswati dari SDN 1 Apuan. Juara II dimenangkan oleh Ni Nengah Adenia Puspadewi dari SDN 1 Tembuku, juara III dimenangkan oleh I Gede Pasek Wida Gama SDN 2 Tembuku.

Berikutnya lomba gemar membaca tingkat SMP juara satu dimenangkan oleh NI Luh Komang Anik Senja Pratiwi dari SMPN. 4 Tembuku, juara II dimenangkan oleh Ni Luh Eka Setyawati SMPN. 2 Bangli dan Juara III Ni Putu Satya Pradewi SMPN. 3 Bangli.

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019