Penyelenggaraan "Bali Hockey Festival 2019" di kawasan Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, diharapkan dapat mengangkat potensi "sport tourism" atau pariwisata berbasis olahraga di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra, Minggu, mengatakan, jajaran Pemerintah Kabupaten Badung menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada para peserta dan pihak penyelenggara.

Dengan penyelenggaraan festival olahraga Hockey di wilayah Badung, tentu saja dapat memberikan dampak yang positif bagi kunjungan wisatawan ke wilayah Badung sebagai daerah destinasi pariwisata utama di Pulau Bali.

"Kami berharap kegiatan festival Hockey ini tidak hanya untuk berolahraga saja, namun dengan konsep sport tourism yang kami lakukan akan dapat berdampak positif bagi geliat pariwisata serta kunjungan para wisatawan ke Badung," kata Made Badra.

Ia menjelaskan, Kabupaten Badung tidak saja terkenal dengan alamnya yang indah namun juga memiliki sejumlah tempat olahraga yang dapat digunakan untuk kegiatan olahraga bertaraf nasional bahkan internasional.

"Kami harap dengan keindahan alam Bali beserta kearifan lokalnya, para peserta Bali Hockey Festival 2019 yang berasal dari sembilan negara dapat bertanding sekaligus menikmati juga wisatanya," ujarnya.

Ia menambahkan, kedepannya pihaknya ingin kegiatan olahraga lain yang dapat menghidupkan geliat pariwisata juga dilaksanakan di Kabupaten Badung.

"Kami akan terus mengembangkan sport tourism di Badung. Melalui kegiatan olahraga yang diselenggarakan disini, kami ingin mengenalkan Bali dan Badung dengan berbagai objek wisata serta atraksi menarik yang tentunya akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan," katanya.

Festival Hockey yang telah diselenggarakan sebanyak enam kali itu pada tahun ini diikuti oleh sembilan negara diantaranya, Malaysia, Singapura, Thailand, Sri Langka, India, Bangladesh, Pakistan dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Baca juga: Jokowi kunjungi "sport-tourism" Desa Kutuh Bali

Ketua penyelenggara Bali Hockey Festival, Martin mengatakan, selaku penyelenggara festival Hockey itu ia berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan ruang dan memfasilitasi kegiatan olahraga tersebut.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya untuk sekedar melakukan olahraga semata disini, tapi juga untuk memberikan nuansa berolahraga yang berbeda dari biasanya yaitu berolahraga sambil berwisata dengan suasana alam Bali yang indah ini," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat terus diagendakan secara rutin tiap tahunnya dan dapat mengembangkan olahraga Hockey di Bali yang diharapkan akan melahirkan atlet-atlet Hockey potensial untuk Indonesia di tahun yang akan datang.

Baca juga: Pengamat : "Sport Tourism" menambah peluang pariwisata Indonesia
Baca juga: Menpora Dorong Tiap Provinsi Selenggarakan "Sport Tourism"

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019