Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana, Bali mendistribusikan air bersih untuk mengatasi kekeringan, yang mengakibatkan sumber air bersih warga kering.

"Hari ini kami mendistribusikan air bersih ke Dusun Kumbading, Desa Pengambengan karena warga setempat mengalami kesulitan air untuk konsumsi," kata Kepala BPBD Jembrana I Ketut Eko Susilo Adi Permana, di Negara, Senin.

Ia mengatakan, di dusun yang masuk wilayah pesisir ini, telah mendistrubusikan dua tangki air bersih, yang langsung disambut ratusan warga dengan membawa tempat air dari rumah masing-masing.

Awalnya, katanya, BPBD hanya akan membawa satu tangki air bersih, namun melihat kebutuhan warga pihaknya memutuskan menambah satu tangki lagi.

"Di dusun ini ada sekitar 200 keluarga yang membutuhkan air bersih. Selain disini, kami juga mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah lain," katanya.

Selain di Dusun Kumbading, sebelumnya BPBD Jembrana juga membagikan air bersih kepada warga di Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem yang mengalami krisis air bersih.

Eko mengatakan, saat kemarau panjang, sudah menjadi masalah rutin, sejumlah wilayah di Kabupaten Jembrana mengalami krisis air bersih.

Sejumlah warga mengatakan, kedatangan air bersih ini membantu mereka dan efektif untuk mengatasi kebutuhan air untuk memasak dan air minum.

Selain itu, lembaga kemanusiaan ACT Bali juga bekerja sama dengan LKBN ANTARA Biro Bali untuk penggalangan donasi bagi pendidikan yang dapat diakses melalui: https://donasi.act.id/antaranewsbali yang merupakan alamat "hyperlink" donasi itu pada portal LKBN ANTARA Bali.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019