Pemerintah Kota Denpasar menggandeng panitia "Event Bali Reggae Star Festival 2019" melakukan pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Segara Sanur, Bali, Senin.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Rai Iswara mengapresiasi kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) dan sebagai wujud pelestarian habitat satwa penyu yang sudah dilindungi undang-undang tersebut.

"Kegiatan pelepasan tukik tersebut kami apresiasi, karena sebagai upaya pelestarian satwa langka, sehingga satwa tersebut semakin lestari dan menjadi daya tarik bagi wisata," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bukti derap pembangunan di Kota Denpasar, terutama dalam upaya mempromosikan pariwisata yang ada di Denpasar dan menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian ekosistem laut, serta mengurangi penggunaan kantong plastik.

Sekda Kota Rai Iswara mengatakan pelepasan tukik bersama "Road To Bali Reggae Star Festival 2019" yang dikemas dalam Konser Pancasila, serta bersih-bersih pantai juga menjadi ajang promosi pariwisata. Sebab kawasan Sanur adalah menjadi salah satu destinasi wisata di Bali.

Baca juga: Tabanan lepasliarkan 65 ekor tukik

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan bersih-bersih memungut sampah di sepanjang area Pantai Segara sampai di kawasan Hotel Bali Beach dan pelepasan tukik diikuti para siswa SMP, SMA/SMK.

Lebih lanjut dikatakan Rai Iswara bahwa sesuai Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik tentu harus disikapi dengan penuh kesadaran antara pemerintah, perusahaan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dengan aksi nyata, seperti bersih-bersih pantai ini.

"Sinergi yang baik tercipta tentu saja akan mempercepat capaian dalam mendukung program pembangunan di Kota Denpasar sesuai dengan visi misi Kota Denpasar sebagai Kota Kreatif Berwawasan Budaya," ujarnya.

Baca juga: JBT lepas ratusan tukik di Pantai Kuta

Ketua Pelaksana Bali Reggae Star Festival 2019 Agung Ngurah mengatakan acara ini merupakan "Fre Event Road To Bali Reggae Star Festival 2019" ke-5 yang akan digelar pada 7-8 September 2019.

Agung Ngurah mengatakan tidak hanya itu "talk show" kali ini meliputi dua hal, yaitu sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan tentang bagaimana cara menggunakan dan mengolah sampah plastik agar bisa didaur ulang.

"Event ini dimeriahkan bintang tamu beberapa band, seperti Marapu, The Smal X, Solas, Doremifasolasido, Malibu Stone, Farmilion, dan DJ. Event Bali Reggae Star Festival 2019," ucapnya.

Baca juga: 200 Tukik Dilepas di Pantai Masceti-Gianyar (Video)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019