Badung, Bali (Antaranews Bali) - PT Jasamarga Bali Tol (JBT) menyelenggarakan kegiatan pelepasan ratusan ekor tukik atau bayi penyu dalam rangkaian kegiatan HUT ke-7 PT JBT di Pantai Kuta, Bali.

"Pelepasan 500 ekor tukik ini merupakan salah satu wujud nyata dari kepedulian PT JBT dan para relasi, terhadap kelestarian lingkungan hidup utamanya pelestarian penyu yang keberadaannya sudah semakin langka," ujar Direktur Utama PT JBT, Enkky Sasono, di Kuta, Badung, Bali, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut, sekitar 500 tukik itu, dilepaskan ratusan peserta dari pihak PT JBT, para pemegang saham, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, PT Angkasa Pura I dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pelajar. 

Selain pelepasan tukik, aksi yang mengambil tema "Save Our Future" itu, juga menggelar aksi bersih sampah pantai yang dilakukan di sepanjang pesisir Pantai Kuta

"Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah sering dilakukan, tapi dalam tataran kuratif, artinya selama ini warga mengangkut sampah dan membersihkannya. Melalui kegiatan ini, kami mengajak masyarakat melakukan kegiatan yang bersifat preventif dan dengan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan peduli lingkungan yang dilakukan dapam rangkaian HUT ke-7 PT JBT itu sesuai dengan salah satu misi PT JBT yaitu, "Mengoperasikan Jalan Tol dengan Tetap Menjaga Keasrian Lingkungan Hidup dan Budaya Bali,"

"Semua pihak, memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan supaya tetap bersih. Kebiasaan itu bisa dipupuk dari lingkup terkecil seperti keluarga, sekolah, perkantoran, industri, hingga kelompok masyarakat yang lebih luas lagi. Jika semuanya peduli, tentu kondisi pantai akan menjadi semakin baik," katanya.

Selain melakukan pelepasan Tukik dan aksi bersih pantai, peringatan HUT ke-7 PT JBT juga menggelar sejumlah kegiatan lain seperti pembagian 3 ribu TongTol (alat untuk memudahkan pengguna tol melakukan "tapping" kartu uang elektronik ke alat pembaca kartu) dan penanaman 10 ribu bibit pohon bakau yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018