Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meminta petugas pemadam kebakaran (damkar) dari kabupaten-kabupaten terdekat bersinergi untuk memadamkan kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temesi, Kabupaten Gianyar.

"Saya minta damkar dari Denpasar, Klungkung dan Badung dapat turun membantu mendukung Damkar Gianyar dalam upaya pemadaman api. Lakukan pemadaman secara serentak di bawah komando BPBD Bali sehingga api secepat mungkin dapat padam," kata Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace itu saat meninjau TPA Temesi, Gianyar, Senin.

Cok Ace yang didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali Made Rentin itu, meminta agar kebakaran sampah yang dipicu musim kemarau, sampah kering dan tekanan gas metana dari tumpukan sampah di TPA Temesi ditangani secepat mungkin.

"Kami minta kabupaten turut membantu dalam upaya pemadaman api, mengingat kebakaran sudah berlangsung cukup lama dan asap kebakaran sangat mengganggu masyarakat sekitar," katanya.

Mantan Bupati Gianyar itu mengharapkan ke depannya TPA Temesi ditata lebih baik lagi sehingga kesan TPA sebagai kawasan yang kumuh, berbau tidak sedap dapat dipatahkan.

"Selain itu, dengan penataan yang lebih baik, kebakaran sampah dapat dihindari," katanya.

Baca juga: Kebakaran Bandara Ngurah Rai Bali padam

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin menyampaikan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan jajaran Pemadam Kebakaran Kabupaten/Kota untuk segera turun bersama secara serentak melakukan upaya pemadaman api.

"Kami rencanakan langsung hari ini untuk menurunkan sekitar 14 armada dari Damkar wilayah Gianyar, Klungkung, Badung dan Kota Denpasar. Dengan pemadaman secara masif dan dilakukan serentak, kami harap api dapat segera padam secara total," kata Rentin.

Baca juga: Terbakar, tiga kapal di Pelabuhan Benoa
Baca juga: 12 kios di Pasar Anyar Denpasar dilalap "si jago merah"
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019