Denpasar (Antara Bali) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung, Bali, melaksanakan sosialisasi peringatan dini kepada masyarakat untuk mengantisipasi bencana di wilayah tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Badung Drs I Gusti Nyoman Adnyana di Sempidi, Kabupaten Badung, Kamis mengatakan, sosialisasi peringatan dini digelar di lima kecamatan, yaitu Kecamatan Kuta, Kuta Utara, Abiansemal dan Kecamatan Mengwi.

"Kegiatan sosialisasi ini telah digelar sejak 12 Oktober dan berakhir hari ini," katanya.

Menurut Adnyana, dengan terbentuknya instansi BPBD Kabupaten Badung diharapkan masyarakat mengetahui keberadaan lembaga yang baru dibentuk tersebut, sehingga tidak bingung dan lebih mudah menginformasikan jika ada bencana.  

"Kami menyosialisasikan tentang bencana alam, nonalam, dan buatan manusia agar masyarakat mengetahui, sehingga tidak kebingungan saat terjadi bencana," katanya.

Sementara Ketua PMI Badung Tjok Gede Agung Adnjana mengatakan, sosialisasi peringatan dini bencana adalah untuk menanggulangi bencana dilaksanakan sepanjang siklus bencana yakni, sebelum bencana terjadi, saat atau selama bencana serta pascabencana. Bahkan, hampir semua berpotensi terjadi bencana alam di Kabupaten Badung.(**)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011