Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali melaksanakan kunjungan dan pembinaan kepada para perajin binaan Dekranasda Kota Denpasar, Selasa (18/6).

Dua lokasi kunjungan dilaksanakan Dekranasda Provinsi Bali yang dipimpin Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati bersama Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Putu Astawa. Kehadiran rombongan Dekranasda Provinsi Bali disambut Ketua Dekranasda Kota Denpasar I.A Selly Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Ketua,  Antari Jaya Negara serta Wakil Ketua Harian,  Kerti Rai Iswara.

Mengawali kunjungan di Decocraft Bali menyediakan berbagai kerajinan anyaman yang berbahan dasar bambu, pandan, lontar, rotan, agel, dan lainnya yang didesain khusus menjadi dompet, clutch, tas, kipas, sokasi, keben, dan bokor yang cantik dan unik serta produk 100 persen handmade yang telah mengepakkan sayapnya ke seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara.

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Bali Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati didampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Putu Astawa mengatakan kunjungan kali ini bertujuan agar kerajinan Kota Denpasar dapat lebih maju.

"Kerajinan maju pasti bisa menyiapkan lapangan perkejaan dan membantu pemerintah dalam menampung tenaga kerja. Amati, tiru dan modifikasi dengan talenta untuk bisa berinovasi terkait selera konsumen," ujarnya.

Lebih lanjut Tjok Putri Haryani Ardhana Sukawati juga mengapresiasi hasil karya dari Decocraft Bali yang menyediakan berbagai produk perlengkapan upakara ini seperti keben, tas pompom, hingga topi yang sangat kreatif.

Berkunjungan ke lokasi kedua bertempat di Bali Ratih Spa Dekransada Provinsi Bali disuguhkan produk-produk Spa yang sudah mampu merebut pasar di luar Indonesia ini.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Denpasar,  IA Selly Dharmawijaya Mantra mengucapkan terima kasih atas kunjungan serta pembinaan yang dilakukan Dekranasda Provinsi Bali kali ini. Pihaknya juga mengaku telah melaksanakan program monitoring dan evaluasi bagi para perajin di Kota Denpasar.
Peningkatan produktivitas para perajin bersama Disperindag hingga Dinas Koperasi Denpasar secara berkesinambungan telah dilaksanakan. Memfasilitasi para perajin bersama OPD terkait di Rumah Kemasan Denpasar, dan Rumah Belanja Denpasar juga rutin dilakukan lewat program berpameran berlokasi di Jalan Melati Denpasar.

Pelatihan-pelatihan menjadi langkah penting juga dilakukan Dekranasda Denpasar untuk meningkatkan produktivitas hingga meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam persaingan produk kerajinan yang ada.

"Saat ini Pemerintah Kota Denpasar melalui Dekranasda Kota Denpasar secara konsisten telah mengembangkan berbagai macam produk IKM dan UKM yang dijiwai oleh muatan lokal dan sumber daya kebudayaan yang diwarisi di Kota Denpasar. Berbagai macam produk seperti Kain Endek, Aksesoris, Produk Pangan, Kosmetik dan lain sebagainya telah dikembangkan secara signifikan di Kota Denpasar," ujar  Selly Mantra.

Selain dari segi produksi, Pemerintah Kota Denpasar juga membantu pemasaran produk IKM dan UKM tersebut dengan mengajak berpameran ditingkat regional, nasional maupun internasional.

"Tentu dari kunjungan Dekranasda Provinsi Bali ini kita bersama dapat bertukar pikiran yang bermuara pada peningkatan gairah industri kerajinan khusunya di Kota Denpasar," katanya.

baca juga : Penghargaan dunia jadi modal tingkatkan kerajinan Gianyar

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019