Kapolda Bali Irjen Pol. Petrus Reinhard Golose membuka lomba Ogoh-Ogoh di simpang empat (Catus Pata) Jalan Nangka - Gatot Subroto, Denpasar, Rabu sore, yang berhadiah Rp37 juta.

"Lomba Ogoh-Ogoh dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1941 dibuka Pukul 19.00 Wita," kata Kapolda Bali diwakili Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja di Denpasar.

Ia menuturkan, sebanyak 13 ogoh-ogoh tampil dan diberikan penilaian langsung Kapolda Bali, dimana ada delapan banjar yang ada di Denpasar.

Dimana satu ogoh-ogoh dari Banjar Tatas Kelod, satu ogoh-ogoh dari Banjar Tatas Kaja, enam ogoh-ogoh dari Banjar Tegehe, satu ogoh-ogoh dari Banjar Oongan, satu ogoh-ogoh dari Kumpulan Kedaton, satu ogoh-ogoh dari Banjar Batan Ancak, satu ogoh-ogoh dari Banjar Tegeh Kori dan saru ogoh-ogoh dari Banjar Tangguntiti.

"Adapun fokus penilaian lomba ogoh-ogoh terdiri dari komposisi, kreatifitas, ekspresi dan ketertiban. Komposisi meliputi bentuk ogoh-ogoh, anatomi, penataan warna dan aksesoris. Kreatifitas meliputi keunikan, teknologi dan ornamentasi," katanya.

Selain itu, penilaian berupa ekspresi meliputi karakter dan interprestasi makna simbolik. Kemudian penilaian ketertiban meliputi kekompakan, semangat, keseragaman dan kerapian, keserasian antara gerakan dan musik pendukung dan terakhir yang mengarak ogoh-ogoh bebas minuman keras serta barang-barang berbahaya lainnya.

"Kapolda Bali akan melaksanakan penilaian dan penghargaan terkait dengan kerapian, ketertiban dan keamanan terhadap parade ogoh-ogoh sebagai bentuk apresiasi terhadap kreatifitas seka teruna-teruni dalam hal pelestarian budaya Bali dan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif," ujar Henky.

Ia menambahkan, setiap peserta diberikan waktu maksimal sepuluh menit untuk mengekspresikan ogoh-ogognya di depan podium utama.

Untuk hasil penilaian dan pemberian hadiah akan langsung diserahkan kepada tiga peserta yang mendapat nilai tertinggi.

Untuk juara pertama akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp20 juta, juara kedua akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp10 juta dan juara ketiga mendapat tropi dan uang pembinaan Rp7 juta.

"Saya berpesan kepada para peserta agar mempersiapkan diri dengan baik dan yang paling penting tidak ada peserta yang minum minuman keras," ujar Hengky.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019