Banda Aceh (Antara Bali) - Berbagai fasilitas yang dipersiapkan untuk mendukung kegiatan wisata "Sabang International Regatta 2011" di Kota Sabang, dilaporkan rampung sekitar 80 persen.

"Alhamdulillah berbagai fasilitas, seperti penginapan dan infrastruktur pendukung lainnya kini telah rampung sekitar 80 persen," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang Yusfah Hanum yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa.

Pemerintah Kota Sabang dan masyarakat di wilayah ini memberikan dukungan untuk suksesnya agenda pariwisata berskala internasional di pulau berjarak sekitar 14 mil laut dari Banda Aceh itu.

"Dukungan semua pihak sangat besar untuk menyukseskan agenda pariwisata yang diharapkan akan berdampak luas bagi upaya menumbuhkan sektor jasa wisata ke Sabang dan Aceh khususnya," kata dia.

Pihak panitia juga telah menyiapkan sebanyak 75 buah cendera mata berupa duplikat kapal layar bertuliskan "Sabang International Regatta" yang akan dibagikan gratis khusus kepada peserta.

"Cendera mata yang akan diberikan itu karya putra dan putri Sabang dengan bahan baku utama batang kelapa, khusus dihadiahkan gratis kepada peserta 'Sabang International Regatta 2011'," kata dia.

Sedikitnya 25 kapal layar dari berbagai negara, seperti Prancis, Jerman, Australia, Malaysia, Inggris dan Thailand, ambil bagian dalam agenda pariwisata yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI ini.

Kapal layar peserta "Sabang International Regatta 2011" dimulai dari Phuket (Thailand), Langkawi (Malaysia) dan Sabang (Aceh).  Peserta akan bergerak dari Phuket, kemudian Langkawi dan dijadwalkan tiba di Sabang, 19 September 2011.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011