Denpasar (Antaranews Bali) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Denpasar, Bali melakukan kegiatan bertema "Susur Pantai Satu Hati Peduli Lingkungan" yang dilaksanakan di Pantai Mertasari, Sanur.

Sekretaris Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar Wayan Wirawan di Sanur, Bali, Jumat, mengatakan upaya pengelolaan sampah berkelanjutan adalah upaya bersama kolaborasi semua pihak. Dan kegiatan ini merupakan rangkaian dari HUT ke-231 Kota Denpasar.

Pelaksanaan susur pantai yang dipusatkan di Pantai Mertasari diikuti ratusan siswa SMP, SMA/SMK se-Kota Denpasar serta seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar bersama unsur masyarakat lainnya tampak bahu-membahu membersihkan Pantai Mertasari hingga Pantai Semawang, Sanur.

"Kegiatan ini menjadi momentum bagi masyarakat agar lebih bijaksana dalam menggunakan sampah plastik, sehingga sampah plastik yang merupakan jenis sampah sulit terurai ini dapat dikurangi," ujarnya.

Lebih lanjut Wirawan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama dengan PPI Kota Denpasar, siswa sekolah, komunitas serta masyarakat khususnya yang berada di sekitar lokasi kegiatan.

"Kami berharap dengan kegiatan dapat menjadi momentum untuk selalu bijak dalam menggunakan plastik, agar semua pemangku kepentingan serta masyarakat paham tentang bahaya sampah plastik dan dapat bersama menjaga lingkungan," ujar Wirawan.   

Ketua PPI Kota Denpasar, Made Edi Agustina mengatakan rasa terima kasih atas partisipasi seluruh pihak dalam kegiatan kebersihan di Pantai Mertasari.

"Ini merupakan kegiatan kami di PPI Kota Denpasar dalam mendukung program Pemerintah Kota Denpasar di dalam memerangi sampah plastik," ucapnya.

Edi Agustina mengatakan kegiatan ini merupakan serangkaian HUT ke-231 Kota Denpasar ke-231 yang diikuti oleh ratusan peserta dari paskibraka di sekolah SMP, SMA/SMK di Kota Denpasar.

"Melalui kegiatan ini ke depan kami berharap terus dilaksanakan, selain menyusur pantai juga kegiatan susur sungai yang juga perlu diperhatikan kebersihannya, sehingga seluruh tempat di Kota Denpasar tampak asri dan bersih," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019