Denpasar (Antara Bali) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, saat ini pariwisata di Bali bagian selatan mulai terjadi kejenuhan, sehingga pembangunan penunjang turisme perlu dialihkan ke wilayah utara.

"Untuk menggairahkan kepariwisataan di Bali bagian utara, maka harus didukung pembangunan bandara internasional yang kini masih sedang dikaji oleh tim," katanya di Denpasar, Kamis.

Dia mengaatakan, jika sudah terwujud pembangunan bandara internasional tersebut, pihaknya yakin akan ada keseimbangan kunjungan wisatawan yang selama ini terkonsetrasi di kawasan selatan, sekitar Denpasar, Badung, Tabanan dan Gianyar.

"Selain pemerataan wisatawan yang selama ini terkonsentrasi di bagian selatan, maka bisa dialihkan kunjungan wisatawan ke wilayah utara, sekitar Buleleng" ucap menteri asal Kintamani, Kabupaten Bangli, ini.

Menyinggung mengenai moratorium pembangunan hotel di Bali bagian selatan, Wacik mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk upaya pemerataan pembangunan dan perekonomian di Pulau Dewata.

"Jadi moratorium hotel di bagian selatan itu tujuannya agar para investor mau mengalihkan investasinya ke wilayah utara atau timur," ujarnya menjelaskan.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011