Amlapura  (Antaranews Bali - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati meminta pihak-pihak terkait menyiapkan dengan matang ritual Pamelastian serangkaian upacara Tawur Agung Panca Wali Krama di Pura Besakih, Karangasem.
       
"Tolong disiapkan dengan matang terkait jalur yang akan dilalui serta tempat 'ngaturang bakti pamendak' sesuai tempat yang telah ditentukan," kata Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace itu saat memimpin rapat persiapan pamelastian tersebut, di Pesucian Pura Penataran Agung Besakih, Amlapura, Karangasem, Sabtu.
     
Dalam arahannya di hadapan para bendesa adat (pimpinan desa adat), pangempon (penanggung jawab) Pura Pedarman serta panitia karya Panca Wali Krama Pura Agung Besakih, Cok Ace meminta agar umat yang akan "mundut" atau menyunggi benda-benda sakral Ida Bhatara diatur secara bergiliran.
     
"Supaya diatur bergiliran, baik saat Ida Bhatara menuju maupun kembali dari pemelastian. Kita laksanakan Yasa kerthi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan swadharma (kewajiban) kita masing-masing, sehingga karya agung setiap 10 tahun sekali ini berjalan dengan lancar," ujarnya.
     
Dalam rapat yang turut dihadiri oleh Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali, Jero Gede Suwena Putus Upadesha, Wagub Cok Ace juga kembali mengingatkan masyarakat terkait imbauan kepada para pamedek (umat) agar tidak membawa sarana upakara (persembahyangan) terbungkus plastik ke Pura Besakih.
     
Di samping itu supaya turut serta menjaga keasrian serta kebersihan dari kawasan Pura Besakih selama karya (ritual) berlangsung. 
     
Upacara Pemelastian serangkaian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama Pura Agung Besakih akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Maret 2019.
     
Ada 29 desa yang akan dilalui dalam perjalanan melasti menuju Segara Klotok sampai kembali ke Pura Agung Besakih. Untuk itu masyarakat diharapkan mempersiapkan sesajen "haturan bhakti" di tempat-tempat yang telah ditetapkan sebagaimana halnya pada waktu karya Panca Wali Krama sebelumnya.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019