Singaraja (Antaranews Bali) -  Enam mahasiswa dari perguruan tinggi di Filipina memuji Undiksha setelah mereka mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan kampus yang berlokasi di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali itu untuk periode Januari-Februari 2019.

"Terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada kami dan memberikan izin kami untuk PPL di Undiksha. Bukan hanya untuk menjadi seorang guru, tetapi bisa belajar menjadi diri sendiri yang nantinya bisa stabil dalam menjalani kehidupan dan menjadi orang berguna," kata seorang mahasiswa dari Filipina, Coleen Moesha C. Ngitngit, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis.

Saat bersama sejumlah rekannya untuk berpamitan kepada Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel (6/2), Coleen Moesha C. Ngitngit mengatakan dirinya sangat bangga mengikuti program ini di Undiksha.

"Karena, kami tak hanya mendapat kesempatan untuk menempuh dunia akademis. Lebih dari itu juga mendapat kesempatan untuk mengenal Indonesia lebih dalam, termasuk juga Bali. Dari pengalamannya selama satu bulan, pengetahuan berkenaan dengan kebudayaan menjadi salah satu yang telah berhasil kami dapatkan," katanya.

Rektor I Nyoman Jampel mengharapkan program ini dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan mahasiswa tersebut, terutama dalam bidang pengajaran. Pihaknya pun tak sungkan menerima masukan atau evaluasi terhadap pelaksanaan program.

"Evaluasi itu sangat penting. Kalau memang ada, itu bisa disampaikan supaya bisa kami tindak lanjuti," katanya.

Jampel menyatakan siap menerima kembali mahasiswa tersebut di Undiksha untuk mengikuti program yang berbeda, seperti alih kredit perkuliahan, maupun hal lain yang orientasinya peningkatan kualitas diri.

"Kalau ingin untuk mengikuti program lain, kami siap untuk menerima," ungkapnya.

Jampel mengatakan, kehadiran mahasiswa dari luar negeri untuk mengikuti PPL maupun PKL sebagai salah satu strategi untuk mewujudkan "internasionalisasi at home" yang dicanangkan tahun 2019.

Selain menerima, universitas terbesar di Bali Utara dengan delapan fakultas ini juga mengirim mahasiswa ke sejumlah perguruan tinggi di Thailand, Vietnam dan Filipina untuk program yang sama.

"Pada periode Januari-Februari sebanyak 33 orang. Pengiriman kembali dilakukan pada periode Juli-Agustus," kata Jampel. (ed)

Baca juga: Undiksha terima mahasiswa Filipina-Thailand untuk PKL
Baca juga: 33 mahasiswa Undhiksa ikuti PKL-PPL di luar negeri
Baca juga: Undiksha duduki peringkat ke-36 versi Kemenristekdikti

Pewarta: Made Adnyana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2019