Denpasar (Antara Bali) - Sebagai kanal penjaring percakapan masyarakat Indonesia di internet, melalui media sosial, situs salingsilang.com menggelar kegiatan "Sharing Keliling 2011" di 14 kota, salah satunya di Denpasar guna berbagi edukasi jurnalisme warga.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (20/8) di Rumah Pintar, Jalan Kamboja Denpasar itu diikuti sekitar 100 peserta dari berbagai kalangan masyarakat sosial, baik pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga.

Tim Leader Denpasar Sharing Keliling salingsilang.com Hedi Novianto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan fasilitas untuk para penggiat media sosial dan komunitas di setiap kota untuk menujukkan diri dan potensinya.

"Para penggiat ini adalah mereka yang belum mengerti dan yang sudah mengerti namun belum maksimal dalam memanfaatkan media sosial seperti blog, Twitter, Facebook, YouTube, dan lainnya," jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut berlangsung sebagai respon, bahwa Indonesia merupakan salah satu penyumbang perbincangan di media sosial yang terbanyak di dunia.

"Kami percaya, apabila percakapan tersebut diproduksi dengan pemahaman teknis yang baik, lalu dijaring dan dibagi berdasarkan minat, topik, dan sebagainya, interaksi di internet lewat media sosial bisa lebih memberi makna dan manfaat untuk penggunanya,? paparnya.

Lanjutnya, "Lebih tepatnya, pelatihan ini untuk menyiapkan warga bagaimana memperbanyak informasi lokal, penulis blog yang lebih mudah dan lebih gampang".

Hedi menjelaskan, terdapat tiga materi kegiatan Sharing Keliling 2011 yang disampaikan dalam bentuk perbincangan santai oleh tutor pilihan yang berpengalaman dalam dunia penulisan kreatif, produksi audio visual, hingga fotografi.

Tidak hanya itu, dalam Sharing Keliling tersebut juga akan membahas aktivitas komunitas yang dilakukan melalui media sosial, hingga fenomena interaksi masyarakat lewat internet di kota masing-masing.

Karena, setiap perbincangan tersebut memiliki makna yang bisa menjelma menjadi konten positif, hingga memperkaya khazanah interaksi informasi di ranah media sosial Indonesia.

"Karena, semakin banyak kita menangkap percakapan di internet, semakin besar pula manfaatnya. Semakin banyak yang bercakap-cakap di internet, semakin berlimpah pula informasi yang bisa kita dapatkan," katanya.

Selain itu, para peserta pun diberi kesempatan mengikuti kontes memproduksi konten media sosial yang kreatif sesuai minat. Kontes ini berlangsung secara online melalui jejaring salingsilang.com hingga kegiatan Sharing Keliling 2011 tuntas.

Pemenang dari masing-masing kategori seperti Foto Blogging, Video Blogging, dan Creative Writing juga akan mendapatkan hadiah menarik dari salingsilang.com.

"Untuk mendorong mereka, kita akan menyiapkan kontes untuk mereka setelah pelaksanaan pelatihan ini sudah selesai," imbuh Hedi.

Kota Denpasar sendiri merupakan kota ke 11 dari pelaksanaan Sharing Keliling 2011 ini, dan kegiatannya bersamaan dengan kota ke 12 yakni Bandung yang berlangsung pada hari ini.

Dari 14 kota tersebut, total sekitar 1200 warga yang memperoleh pengalaman pemanfaatan dan edukasi tentang media sosial. Ke-14 kota tersebut yakni Jakarta, Pontianak, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, Ambon, Madura, Balikpapan, Batam, Solo, Bandung, Bali, Malang dan Makassar.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011