Denpasar (Antaranews Bali) - Ratusan personel Brimob dan Sabhara Polda Bali disiagakan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru dalam waktu dekat, agar berjalan aman dan lancar, mengingat banyak wisatawan yang datang Pulau Dewata.

"Dalam operasi lilin tahun ini kami melaksanakan gelar pasukan, khususnya satuan Brimob, Dit Pol Air dan Dit Sabhara Polda Bali, guna pengamanan Bali menjelang akhir tahun," kata Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose di Lapangan Iptu Soetarjo Satuan Brimob Polda Bali, Denpasar, Selasa.

Pihaknya juga memerintahkan komandan satuan Brimob, Dit Pol Air, Polresta Denpasar dan Dit Sabhara Polda Bali, agar mengecek jalur masuk dan keluar Pulau Bali, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Hal ini penting dilakukan, mengingat saat perayaan Natal dan Tahun Baru nanti akan terjadi pergeseran wisatawan asing dan domestik menuju Bali, baik itu melalui jalur darat, laut atau udara. 

"Kita harus antisipasi hal ini, seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi secara umum seluruh personel sudah dipastikan siap melakukan pengamanan," kata jenderal bintang dua ini.

Untuk kekuatan pasukan dari seluruh satuan ini, sudah siap 100 persen atau siap siaga karena dari hasil pengecekan sarana dan prasarana penunjang seperti persenjataan sudah memadai dalam upaya pengamanan di Wilayah Bali.

Selain itu, gelar pasukan ini juga difungsikan untuk mempersiapkan personel dalam pengamanan Pilpres dan Pileg serentak di Indonesia Tahun 2019. "Seluruh anggota ini juga kami kerahkan untuk pengamanan pesta demokrasi pada April 2019 agar berjalan sukses." ujarnya.

Polda Bali juga memiliki dapur siaga dan membuat tempat penyulingan air minum sendiri yang anggarannya didapat dari DIPA yang berasal dari APBN, yang diperuntukkan untuk anggota kepolisian memenuhi kebutuhan selama siaga.

"Jadi seluruh jajaran Polda Bali sudah siap untuk mengamankan Bali jelang malam pergantian tahun," ujarnya. (ed)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018