Denpasa (Antaranews Bali) - Ketua Asosiasi Badan Usaha Pengamanan Indonesia (Abujabi) Provinsi Bali Nyoman Sutapa mendorong kepada seluruh satuan pengamanan (Satpam) untuk memiliki sertifikat kualifikasi, sehingga dalam kinerjanya mampu bekerja secara profesional.

"Kami mendorong seluruh anggota Satpam di Bali memiliki sertifikat kualifikasi, sehingga dalam melakukan pengamanan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007," kata Sutapa disela acara Rakerda Abujabi Bali di Mangupura, Badung, Jumat.

Ia mengatakan keberadan Satpam yang profesional sesuai dengan aturan, sehingga dalam menjalankan tugasnya di perusahaan akan mampu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.

"Saat ini keberadaan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) di Bali sebanyak 96 perusahaan yang terdaftar di Polda Bali. Namun yang baru bergabung di Abujabi Bali berjumlah 53 perusahaan," ujar Sutapa didampingi Ketua DPD Asosiasi Profesi Security Indonesia (APSI) Provinsi Bali Gede Risky Pramana.

Sutapa lebih lanjut mengatakan dengan diselenggarakan kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Abujabi tersebut akan menghasilkan program kerja yang akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan.

"Pengurus Abujabi saat ini sedang melakukan penyusunan program-program dalam penataan satuan pengamanan, sehingga ke depannya diharapkan semua Satpam tersebut mampu bekerja secara profesional menjalankan tugas ditempat kerja mereka," ujarnya.

Ia mengatakan dalam Rakerda tersebut juga akan melakukan pergantian antarwaktu pengurus Abujabi Bali yang selama ini tidak aktif untuk kepengurusan 2015-2020.

"Kami berharap dengan pergantian pengurus tersebut, semangat membangun dan kebersamaan memajukan Abunjabi akan lebih baik. Kami juga berharap BUJP yang selama ini belum bergabung agar segera bisa bergabung di Abujabi. Kami juga menyediakan pendaftaran secara 'online'," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Abujabi Bali, I Gede Kintawali mengatakan pihaknya mendorong kepada anggota yang selama ini belum mendaftar agar bisa bergabung di Abujabi Bali.

"Langkah tersebut dalam upaya menertibkan anggota-anggota yang selama ini belum memiliki sertifikat kualifikasi agar segera melakukan ujian, sehingga kami harapkan agar semua Satpam bersertifikat," ucapnya.

Dikatakan pihaknya akan melakukan informasi dan pembinaan kepada anggota yang bergabung di Abujabi, dengan harapan Satpam di Bali semua memiliki sertifikat kualifikasi.

"Bali adalah daerah pariwisata, sehingga perusahaan di Pulau Dewata membutuhkan Satpam yang profesional dan kualitasnya sangat bagus. Menjalankan tugas pengamanan juga profesional," ujarnya.


 

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018