Klungkung (Antaranews Bali) - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggagas "Pentas Bintang" untuk memacu prestasi melalui warga berprestasi atau "bintang" hingga memunculkan rasa malu pada diri sendiri dan akhirnya memotivasi warga untuk mengukir berbagai prestasi.

"Untuk memunculkan rasa malu yang positif tersebut, saya akan menggelar acara pentas bintang yang diikuti seluruh warga Kabupaten Klungkung yang memiliki prestasi," katanya saat melepas pelajar yang akan mengikuti lomba tingkat nasional di Klungkung, Bali, Minggu.

Ia menjelaskan warga Kabupaten Klungkung yang meraih prestasi itu akan menunjukkan kemampuan serta prestasinya di hadapan publik, sehingga akan memotivasi yang lain karena malu jika tidak meraih prestasi.

"Kabupaten ini memiliki sumberdaya manusia yang unggul, khususnya dari kalangan pelajar. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diukir pelajar Klungkung, baik tingkat daerah, nasional hingga internasional," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Dewa Gde Darmawan mengatakan, ada tujuh pelajar yang akan mengikuti lomba tingkat nasional sebagai wakil Provinsi Bali.

Tiga orang pelajar yaitu Dewa Ayu Dyana Santi Santi, Gusti Ayu Adhira Iswa Adi dan Komang Rahayunita yang akan mengikuti lomba literasi bidang bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan cipta puisi.

"Ketiga murid SMP Negeri 2 Semarapura ini akan mengikuti lomba yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan tanggal 27 sampai 31 Oktober mendatang," katanya.

Selain tiga pelajar tersebut, katanya, dua murid tingkat SD dan dua murid tingkat SMP juga mengikuti lomba multikuis kita harus belajar, yang diselenggarakan Pusat Teknologi Dan Komunikasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Untuk tingkat SD, menurutnya, Sagita Cinta Ananta dan Putu Ayu Kresna Devany, dua murid SD Negeri 1 Semarapura akan menjadi wakil Bali, sementara Gede Agus Sudarmawan dan I Dewa Gede Lokamaheswara, dua pelajar dari SMP Negeri 1 Semarapura akan menjadi mengikuti lomba sejenis dengan kategori berbeda untuk tingkat SMP.

"Sama dengan tiga pelajar yang mengikuti olimpiade, empat pelajar ini juga mengikuti seleksi ketat dari kabupaten hingga tingkat provinsi," katanya.

Kepada pelajar yang akan mengikuti lomba ini, Suwirta berpesan untuk tidak gugup dan takut selama lomba sehingga bisa menyelesaikan seluruh materi lomba dengan baik.

Selain kemampuan akademis dan teknis, ia memerintahkan guru pembimbing untuk menguatkan dan memotivasi mental para pelajar ini agar tenang selama mengikuti lomba.

"Selamat kepada seluruh adik adik yang akan berangkat mewakili Klungkung. Untuk lomba ini perwakilan Provinsi Bali sebagian besar berasal dari Klungkung. Hal ini membuktikan Klungkung memiliki sumberdaya manusia yang unggul, mari buktikan bahwa Klungkung mampu meski kita kabupaten kecil," katanya. (ed)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018