Denpasar (Antara Bali) - Atlet cabang olahraga Baseball Bali menunjukkan prestasi tinggi dengan berhasil lolos dalam babak kualifikasi, sehingga mempunyai kesempatan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau 2012.

"Saya menghargai prestasi itu, karena cabang olahraga ini belum memasyarakat, sudah mampu mencuat di tingkat nasional," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali Drs Made Nariana di Denpasar, Sabtu.

Dengan berhasilnya atlet Baseball Bali lolos ke PON, sudah 106 atlet perorangan dan beregu dari 11 cabang olahraga yang mengikuti babak kualifikasi untuk berlaga pada pertandingan akbar di Riau 2012.

Jumlah atlet tersebut akan bertambah terus sejalan dengan cabang olahraga yang hingga kini masih mengikuti kejuaraan berkaitan babak pra-PON. Babak kualifikasi bahkan berlangsung hingga akhir 2011.

Nariana berkali-kali menyebutkan salut kepada atlet baseball di bawah binaan Made Suartana, karena secara diam-diam melakukan latihan keras berkelanjutan sehingga mampu melejit di tingkat nasional dan lolos PON 2012.

Lain halnya cabang olahraga sepakbola yang berambisi bisa bertanding di PON Riau 2012, ternyata kandas dalam babak kualisi di Mataram, Lombok, begitu pula cabang olahraga jenis baru yakni futsal menelan nasib sama.

"Saya sejak awal sudah menyatakan semua atlet lolos PON diusulkan kepada Pemerintah Provionsi Bali untuk dapat dibiayai ke PON Riau," kata Nariana sambil menyebutkan atlet yang lolos PON baru dari 11 cabang olahraga.

Atlet Bali yang sudah dinyatakan lolos ke PON Riau tercatat 21 orang dari cabang atletik, 12 bola voli indor, dua orang bola voli pantai putra dan putri, lima atlet pecatur, empat sepak takraw, 16 atlet Kempo.

Disamping itu tercatat 11 atlet panjat tebing dan 13 pejudo, sedangkan atlet lainya diharapkan akan menyusul supaya bisa bermain di kejuaraan akbar empat tahunan tersebut.

Bali dalam PON selama ini mengandalkan peraihan medali dari cabang olahraga perorangan, seperti pencak silat, layar, menembak, kempo, judo, ski air, dan tinju.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011