Denpasar (Antaranews Bali) - Pangkalan TNI AL(Lanal) l9/ Denpasar bersama sejumlah warga muslim di Kota Denpasar, melaksanakan aksi sosial dengan mengirim bantuan logistik untuk warga Lombok, NTB, yang terkena musibah gempa bumi beberapa waktu lalu.

"Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada warga muslim dan masyarakat Denpasar yang mempercayakan penyaluran bantuan logistik untuk warga Lombok kepada TNI AL yang dikirim hari ini," kata Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko diwakili oleh Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad di Denpasar, Jumat.

Bantuan yang terkumpul dari para warga muslim dan donatur lainnya ini, berupa makanan, kasur lipat, terpal, selimut, air mineral, serta perlengkapan pribadi lainnya yang diharapkan dapat membantu meringankan beban bagi saudara-saudara kita di Lombok.

Bantuan tersebut, diberangkatkan dengan menggunakan dua unit truk yang nantinya dapat disalurkan kepada warga Lombok yang sangat memerlukan bantuan tersebut.

"Saya mengapresiasi niat tulus para dermawan yang sangat peduli dengan para korban gempa di Lombok dan hari ini ada dua truk yang bersiap membawa logistik dari Pangkalan TNI AL menuju NTB," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Yayasan Insan Cendekia Madani Bali (YICMB), PHBI Denpasar Selatan, Forum Silaturahim Ceningansari, Masjid Sabilul Hidayah dan PT Bandar Nelayan yang berkolaborasi dengan Lanal Denpasar untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Lombok.

Usai menanda tangani berita acara serah terima barang, secara simbolis Palaksa Denpasar lantas melepas keberangkatan dua unit truk Lanal Denpasar yang mengangkut seluruh bantuan tersebut dari halaman Mako Lanal Denpasar menuju Lombok.

Pascagempa bumi di Lombok, kata Bambang, ribuan warga Lombok memilih mengungsi di berbagai titik aman, karena takut tertimpa bangunan yang rusak. Selain itu, ada juga warga Lombok mengungsi karena tempat tinggal sudah rata dengan tanah.

Sementara itu, Ketua YICMB, H. Wasit Pamungkas menjelaskan, seluruh bantuan tersebut senilai Rp155 juta yang terdiri dari beras, biskuit, gula pasir, minyak goreng, selimut, pakaian layak pakai, mie instan dan ikan kaleng.

Kemudian, pembalut wanita, sikat dan pasti gigi, sampo, sabun mandi dan cuci, tongkat penyangga kaki, air mineral kemasan, terpal, kasur, cabai kering, minyak, susu, dan pie susu.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan Lanal Denpasar yang telah mendukung maupun memfasilitasi serta mengawal langsung kegiatan ini," ujar Pamungkas yang didampingi H. Anam Sujalmo selaku Pembina PHBI Denpasar Selatan dan H Chasanuddin selaku Ketua PHBI Denpasar Selatan.

Ia menambahkan, kegiatan sosial ini mencerminkan kemanunggalan TNI, khususnya Lanal Denpasar dengan warga Muslim Denpasar. (WDY)

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018