Bangli (Antaranews Bali) - Sebanyak 31 peserta mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang diadakan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangli serta secara resmi dibuka Bupati setempat  I Made Gianyar  di Gedung BMB Kantor Bupati Bangli, Senin (30/7).
   
Bupati I Made Gianyar pada kesempatan  mengatakan, PKK selama ini memiliki peran yang sangat penting dalam  bidang pembangunan. Mengingat peran yang strategis yang dimiliki PKK, melalui bimtek ini diharapkan, para kader TP PKK bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan baik.
   
Bintek tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang sepuluh pokok program PKK, khususnya terkait dengan upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.
    
Melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) pihaknya berharap ketahanan ekonomi keluarga di Bangli bisa meningkat.  Hal itu penting Menurutnya, semua kegiatan PKK kuncinya ada di UP2K.

"Kalau ini (UP2K) bisa berjalan dengan baik, pasti pintu untuk program lainnya akan terbuka lebar. Karena ekonomi memegang peranan vital dalam semua kegiatan," ujar Bupati Made Gianyar.
   
Pada kesempatan itu, Bupati Made Gianyar juga mengingatkan, agar kader PKK bisa menghargai waktu. Menurutnya, ekonomi sangat berkaitan dengan waktu. Bagaimana kita memanfaatkan waktu 24 jam ini dengan baik.    

Karena kemampuan ekonomi seseorang sangat ditentukan oleh waktu. "Apakah waktu 24 jam ini lebih banyak kita gunakan untuk bekerja atau hanya untuk berdiam diri. Pengaturan waktu inilah yang akan mementukan kemajuan ekonomi seseorang," ujarnya.
   
Sementara itu Wakil Ketua I TP PKK Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta mengatakan, ada tiga tujuan utama dari kegiatan Bimtek UP2K. Pertama adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan dari TP PKK Kabupaten Bangli dalam melaksanakan pembinaan dan penilaian 10 pokok proram PKK, utamanya dalam pelaksanaan program UP2K.
   
Kedua, tercapainya persamaan persepsi tentang kebijakan pemerintah serta gerakan pemberdayaan dan kesejateraan keluarga secara nasional, serta terwujudnya persatuan dan kesatuan sebagai perekat keutuhan keluarga.
   
Ia menjelaskan kegiatan Usaha peningkatan pendapatan Keluarga (UP2K)  merupakan salah satu alternatif untuk menopang perekonomian masyarakat dan  salah satu  program yang berpihak pada keluarga untuk  meningkatkan pendapatan melalui kelompok usaha  ekonomi produktif.
   
"Kegiatan UP2K merupakan bagian dari kegiatan Pokja II PKK  dan merupakan salah satu prioritas program TP PKK Kabupaten Bangli," ujarnya. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018