Semarapura (Antaranews Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta menghadiri pembukaan proyek Padat Karya infrastruktur pembangunan jalan di Dusun Kanginan, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Jumat (27/7).
    
Ia pada kesempatan itu menyatakan, bahwa proyek padatr karya menyangkut pembangunan infrastruktur bertujuan membuka akses  dengan harapan masyarakat Dusun Kangin Paksebali dapat dengan mudah memasarkan hasil pertanian, perkebunan, maupun peternakan serta harganya jauh lebih mahal.
   
Bupati Suwirta mengharapkan agar proyek padat karya infrastruktur dapat diselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya.
    
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusuma Jaya melaporkan, bahwa  kegiatan proyek padat karya merupakan pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan penyerapan tenaga kerja untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang sifatnya sederhana.
    
Padat Karya Infrastruktur memiliki tujuan tersedianya infrastruktur sederhana untuk menunjang kegiatan sosial ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran), setengah bekerja (setengah pengangguran) dan masyarakat miskin dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.
   
Padat karya infrastruktur yang dilakukan tersebut untuk memperlancar sosial ekonomi masyarakat di Dusun Kanginan khususnya. Pembangunan jalan sepanjang 640 meter dengan lebar 4 meter. Kegiatan melibatkan tenaga kerja sebanyak 88 orang.
   
Tenaga tersebut dengan rincian tenaga bantuan (pengayah) 80 orang  upah sebesar Rp 65.000, per orang sehari, Kepala Kelompok empat orang upah sebesar Rp70.000/orang dan tukang empat orang dengan upah Rp75.000/orang sehari.
   
Pekerjaan dilaksanakan selama 12 hari, mulai saat acara pembukaan usai. Sumber anggaran berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia tahun 2018. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018