Badung (Antaranews Bali) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Demak, Jateng mengunjungi Kabupaten Badung, Bali, untuk menjalin silaturahmi dengan FKUB setempat di Mangupura, Badung, Bali.

"Kunjungan ini merupakan upaya meningkatkan silahturahmi dan kerukunan FKUB Badung dengan FKUB Demak serta kesempatan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman," ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa saat menerima kunjungan Wabup Demak, Joko Sutanto, Kamis.

Wabup Suiasa mengatakan, FKUB Badung selama ini mengutamakan Tri Kerukunan AntarUmat Beragama yaitu, kerukunan intern umat beragama, kerukunan antarumat beragama dan kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah yang terus terjalin dengan baik. 

"Itu menjadi komitmen FKUB Badung yang mengedepankan konsep Tri Hita Karana dan rasa "menyama braya" atau persaudaraan," katanya.

Wabup Suiasa menambahkan, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala (Puspem Badung) yang sebenarnya merupakan pusat pelayanan kepada masyarakat, juga sering dimanfaatkan sebagai pusat silahturahmi umat beragama. 

"Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan kegiataan keagamaan di Puspem Badung seperti kegiatan rutin sholat Idul Adha dan Idul Fitri, peringatan Natal dan perayaan Imlek. Untuk umat Hindu, secara rutin setiap purnama juga melakukan persembahyangan di Pura Lingga Bhuwana,"  ujarnya.

Ia menjelaskan, FKUB juga dapat berperan membangun sinergitas lintas agama yang akan dapat memacu pergerakan pembangunan dan menyukseskan program-program pemerintah.

"Kami memiliki prioritas pembangunan, salah satunya adalah peningkatan pembangunan kebudayaan dibidang agama, budaya adat seni dan tradisi yang merupakan kebijakan yang berkaitan dengan FKUB," ujar Wabup Suiasa.

Sementara itu, Wabup Demak, Joko Sutanto, mengatakan, pihaknya memilih Badung sebagai objek kunjungan, karena menurutnya, kerukunan antarumat beragama di Badung terjalin dengan baik dan sangat kondusif. 

"Untuk itu tidak salah kiranya kami FKUB Demak ingin menimba ilmu dan saling menukar pengalaman sehingga mampu meningkatkan kerukunan antarumat beragama di wilayah kami," katanya. (ed)

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018