Negara (Antaranews Bali) - Ratusan personel gabungan dari berbagai institusi melaksanakan apel gabungan di Kelurahan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali untuk menyambut dan mengamankan kedatangan obor Asian Games.

"Kami kerahkan 300 personel untuk mengamankan pawai obor Asian Games di sepanjang rute yang berada di wilayah Kabupaten Jembrana, kalau digabung dengan institusi lainnya jumlahnya mencapai 400 orang," kata Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar Budi Pardamaian Saragih, usai apel bersama di areal parkir objek wisata Teluk Gilimanuk, Sabtu.

Menurutnya, ratusan personel keamanan gabungan dari Polri dan TNI akan ditempatkan di sepanjang rute pawai obor hingga memasuki Kabupaten Tabanan.

Ia mengatakan, sebagai pintu gerbang Bali, yang otomatis menjadi penyambut pertama perjalanan obor Asian Games setelah dari Pulau Jawa, pihaknya mempersiapkan segala sesuatu khususnya dari sisi keamanan agar perjalanan obor lancar serta aman.

"Karena itu kami mengajak semua pihak agar perjalanan obor ini lancar dan aman, karena pawai obor Asian Games tidak hanya membawa nama Jembrana atau Bali, tapi Indonesia," katanya.

Saat memimpin apel gabungan itu, Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, pemerintah kabupaten serta masyarakat Kabupaten Jembrana harus bersyukur pawai obor Asian Games melewati daerahnya.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menyambut obor itu di pinggir jalan rute yang dilalui, termasuk murid-murid sekolah dengan membawa bendera merah putih.

"Mari bersama-sama kita sambut kedatangan obor Asian Games, tidak hanya pemerintah atau aparat keamanan, tapi juga masyarakat Kabupaten Jembrana," katanya.

Selain Polri dan TNI, apel gabungan ini juga diikuti berbagai institusi termasuk ratusan pelajar dengan berseragam Pramuka. (ed)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018