Denpasar (Antaranews Bali) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyerahkan bantuan sosial berupa sejumlah tanaman yang dapat digunakan untuk sarana keagamaan atau "upakara" di Pura Dalem Segara Madu Jagaraga, Kabupaten Buleleng.
     
"Pura tersebut menjadi salah satu daya tarik wisata yang mendukung perekonomian," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana di Denpasar, Kamis. 
     
Tanaman tersebut di antaranya plawa, bunga angsoka dan tanaman bunga lainnya yang ditanam di sekitar areal pura bersejarah itu pada Rabu (18/7).
     
Nantinya bunga tersebut dapat dimanfaatkan untuk sarana "upakara" ketika melaksanakan hari besar keagamaan, selain mempercantik areal tempat suci umat Hindu di daerah setempat. 
     
Tidak hanya melakukan penghijauan, bank sentral itu juga menyerahkan bantuan lainnya di antaranya alat kebersihan, perlengkapan "upakara" dan tong sampah yang disaksikan warga setempat dan anggota Komisi XI DPR RI, Tutik Kusuma Wardhani.
     
Selain dikenal memiliki daya tarik wisata karena keunikan ukiran dan arsitekturnya, pura tersebut juga kaya nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia ketika menghadapi penjajahan Belanda tahun 1849 yang dikenal dengan "Puputan Jagaraga".
     
BI juga mengedukasi ratusan mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja terkait bank sentral untuk meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap pelaksanaan tugas dan tujuan Bank Indonesia. 
     
Serangkaian hari ulang tahun BI ke-65 itu, bank sentral tersebut juga menyerahkan bantuan pendidikan kepada SD 3 Jagaraga, SMPN 1 Sawan dan SMKN 3 Sawan berupa "LCD", proyektor dan alat peraga pendidikan. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018