Kuta (Antaranews Bali) - Sebanyak 40 jenis kuliner terbaik Indonesia mengikuti Festival Kuliner Legenda Nusantara bertajuk "Discovery Indonesia Food Festival" (DIFF) 2018 yang diadakan pusat perbelanjaan "Discovery Shopping Mall" Kuta, Bali, 11-29 Juli 2018.

General Manager "Discovery Shopping Mall", Gustaf Riandory, di Kuta Bali, Sabtu, mengatakan Festival Kuliner Nusantara itu diadakan untuk pertama kalinya di Segara Roof-Discovery Shopping Mall.

"Pengunjung akan dapat mencicipi berbagai jenis makanan khas daerah dalam ajang festival kuliner yang menggabungkan antara kuliner dan kebudayaan Indonesia, termasuk kuliner Bali sebagai tuan rumah," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan menghadirkan kuliner asli Indonesia sebanyak 40 gerai makanan tradisional Indonesia, seperti sate babi bawah pohon sebagai kuliner legendaris dari Bali.

Selain itu, Gudeg Yu Djum sebagai kuliner legendaris dari Yogyakarta, Toko Oen (Semarang), Nasi Liwet Wongso Lemu (Solo), Nasi Uduk & Ulam H. Yoyo (Betawi), Mangut Ikan Manyung Bu Fat dan Nasi Pindang Gajah Mada (Semarang), serta Bebek Sinjay (Madura).

Tidak hanya menghadirkan masakan khas Nusantara, tapi festival juga menghadirkan jajanan khas, seperti Sunda Unik sebagai jajanan zaman Baheula dari Bandung, Kue Putu Bambu (Medan), Es Durian Iko gantinyo (Padang), Kerak Telor sebagai jajanan khas Jakarta, dan Es Sinar Garut dari Jawa Barat.

Selain dimanjakan dengan hidangan kuliner Nusantara, kata dia, pengunjung akan dihibur dengan pertujukan kebudayaan tradisional Indonesia, seperti Tari Kecak (Bali), Musik Sapeh (Dayak), Musik Keroncong (Jawa), Tari Gandrung dan Kebo-keboan (Banyuwangi, Jawa Timur).  

Bekerja sama dengan "Indonesian Chef Association"(ICA) Bali, acara tersebut juga dimeriahkan oleh kompetisi ukir buah (fruit carving) dengan tema "Keindahan Bawah Laut Indonesia" yang diikuti 15 sekolah dan kampus di Bali.

Penampilan dari Bina Vokalia Bali yaitu paduan suara yang akan mewakili Bali untuk kompetisi paduan suara tingkat internasional di Tokyo, Jepang, sangat mengibur seluruh undangan yang hadir.

Pihaknya menghadirkan variasi kuliner-kuliner Nusantara untuk memperkenalkan beragam masakan khas Indonesia, dan menjadikan kuliner Bali sebagai tuan rumahnya.

"Kami harapkan melalui kegiatan ini dapat menambah kunjungan wisatawan ke Bali dan Kuta pada khususnya. Ajang ini akan diadakan setiap tahun untuk menghibur masyarakat Bali dan para wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara," ujarnya. (ed)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018