Badung (Antaranews Bali) - Sebanyak 215 orang atlet panahan yang terdiri dari 139 orang atlet Putra dan 76 Atlet putri mengikuti Mangupura Archery Cup (MAC) 2018 di Lapangan Olahraga Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali.
     “Pembinaan prestasi olahraga panahan adalah tanggung jawab kami semua. Untuk itu Pemkab Badung sangat mengapresiasi lomba yang digelar oleh Masagena Archery Club ini,” ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa saat membuka kegiatan tersebut, Sabtu.
     Wabup Suiasa mengatakan, dirinya juga  sangat mengapresiasi pelaksanaan  kegiatan lomba panahan  yang juga diikuti oleh atlet panahan dari luar wilayah Bali itu.
     "Dengan hadirnya atlet dari luar Bali, tentu akan dapat menambah pengalaman dan jam tanding para atlet panahan Kabupaten Badung.” katanya.
     Ia menjelaskan, olahraga panahan merupakan olahraga yang tidak hanya mengandalkan fisik melainkan juga pengendalian konsentrasi.
     "Untuk itu, saya juga berharap nantinya sekolah di Kabupaten Badung dapat membuat ekstra kurikuler panahan bagi karena akan sangat bermanfaat bagi anak didik,” kata Suiasa.
     Sementara itu, ketua panitia MAC 2018,  I Nyoman Raka Arwita mengatakan, tujuan diselenggarakannya lomba panahan itu adalah untuk membantu meningkatan prestasi atlet panahan serta untuk menjaring bibit atlet panahan yang potensial di Badung dan Bali.
     “Masagena Archery Club berupaya terlibat untuk memajukan dan mengembangkan prestasi olah raga panahan, dengan semangat kebersamaan dan gotong royong," ujarnya.
     Ia mengatakan, selain peserta dari luar Bali, para peserta MAC 2018 juga terdiri dari atlet yang berasal dari seluruh Pengkab/Pengkot Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Bali dan klub panahan yang ada di Bali.
     "Lomba panahan ini memperebutkan sebanyak 25 medali emas, 25 medali perak dan 25 medali perunggu bagi para pemenangnya," katanya.
     MAC 2018 yang digelar pada 5-8 Juli tersebut, mempertandingkan sejumlah ronde diantaranya, Ronde FITA divisi Recurve putra dan putri, Ronde FITA divisi Compound putra dan putri, Ronde Nasional / Standar Bow putra dan putri dan Ronde Panahan Tradisional putra dan putri. 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018