Mangupura (Antaranews Bali) - Sebanyak 3.414 orang pemudik memilih berangkat dari Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, menuju sejumlah daerah di Pulau Jawa, untuk merayakan Lebaran 2018 di kampung halamannya.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Cokorda Agung Swarmaya di Mangupura, Selasa, mengatakan sebanyak 3.414 orang pemudik yang berangkat pada Senin (11/6) atau H-4, dengan jumlah armada mencapai 100 unit.

"Rata-rata mereka melakukan perjalanan ke Surabaya, Jember, Malang, Yogyakarta dan Semarang dan sejumlah daerah di Pulau Jawa," katanya.

Saat ini, suasana mudik Lebaran di Terminal Mengwi masih cukup ramai pemudik dan diprediksi malam ini hingga Rabu (13/6) menjadi puncak keberangkatan para pemudik ke sejumlah daerah di Jawa dan luar Jawa.

Cokorda Agung mengatakan, saat ini (H-3 Lebaran) jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Mengwi terhitung sejak Pukul 00.25 Wita hingga Pukul 15.30 Wita tercatat mencapai 1.635 orang dengan jumlah armada yang telah diberangkatkan mencapai 57 unit.

Berdasarkan data hari ini, jumlah pemudik ini masih didominasi tujuan ke Surabaya, Jember, Madura, Malang, Solo, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta. Tidak hanya tujuan Pulau Jawa, dari data Pos Pelayanan Lebaran di Terminal Mengwi pemudik juga banyak yang bermudik dengan tujuan Bima, NTB.

"Saya memprediksi lonjakan pemudik di terminal pada malam ini (H-3) hingga Rabu (13/6) besok atau H-2 Lebaran 2018," katanya.

Prediksi ini diperkuat dengan pengakuan perusahaan otobus (PO) yang ada di Terminal Mengwi dan pembelian secara "online" bahwa pemudik banyak membeli tiket jauh-jauh hari untuk keberangkatan H-3 dan H-2 Jelang Lebaran.

Berdasarkan data jumlah keberangkatan pemudik, pada Minggu (10/6) lalu atau H-5 Jelang Lebaran 2018, jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Mengwi mencapai 3.465 orang penunpang dengan jumlah armada yang memberangkatkan pemudik sebanyak 106 unit.

"Saya berharap perjalanan pemudik dengan moda transportasi angkutan darat ini tiba ditempat tujuan dengan selamat, sehingga bisa merayakan Lebaran bersama sanak saudara mereka," ujarnya. (ed)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018