Bangli (Antaranews Bali) - Bupati Bangli I Made Gianyar meletakkan batu pertama pembangunan pasar desa modern di Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, dengan harapan impian masyarakat setempat untuk memiliki tempat transaksi yang permanen segera dapat terealisasi.

"Selain fokus membangun pasar daerah, kami berkomitmen memajukan pasar-pasar desa di Bangli. Salah satu pasar desa yang potensinya sangat luar biasa adalah Pasar Desa Abang Batudinding," kata Bupati Bangli I Made Gianyar di Kintamani, Selasa.

Ia mengharapkan masyarakat setempat untuk bersabar, karena pembangunan pasar tersebut tahun ini baru bisa menjangkau dua los pasar. Upaya tersebut dilakukan secara bertahap, tahun 2019 kembali dilanjutkan diharapkan tahun 2020 pembangunan pasar tersebut rampung seluruhnya.

Pasar Desa Abang Batudinding merupakan salah satu pasar desa yang sudah maju di Bangli. Selain itu, jika dilihat dari luas, belum ada pasar desa di daerah ini yang memiliki luas sampai 38 are, selain pasar Desa Abang Batudinding.

Bupati Made Gianyar asal Desa Bunutin, Kintamani, itu mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengawasi secara bersama-sama, agar pembangunan (Pasar desa Abang Batudinding) berjalan dengan baik.

Setelah selesai dibangun, masyarakat juga diminta bisa menjaga keadaan pasar tersebut agar tidak krodit, sehingga pembeli maupun penjual merasa aman dan nyaman

Sementara itu Perbekel Desa Abang Batudinding Made Diksa mengatakan, sesuai dengan rencana pengembangan yang sudah disepakati, Pasar Desa Abang Batudinding akan dibangun menjadi pasar tradisional yang dikombinasikan dengan pasar modern.

Dimana pada wajah pasar akan dibangun minimarket yang sepenuhnya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sedangkan di belakang minimarket akan dibangun pasar tradisional yang modern.

Saat ini tercatat jumlah pedagang di Pasar Desa Abang Batudinding mencapai 186 lapak. Sedangkan dengan pembangunan dua los pasar yang baru, diperkirakan bisa menampung 36 lapak lagi. Sehingga target tahun ini, Pasar desa Abang Batudinding bisa menampung 222 lapak pedagang.

"Kami berharap dengan penataan ini, ke depan Pasar Desa Abang Batudinding semakin ramai dan semakin maju," harap dia.

Acara peletakan batu pertama tersebut disaksikan oleh Kabag Protokol Sekda Kabupaten Bangli Cok Bagus Gde Gaya Dirga, Perbekel Desa Abang Batudinding Made Diksa dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018