Mangupura (Antaranews Bali) - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengapresiasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Bali Tahun 2018.

"Kami mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini di Kabupaten Badung. Seluruh umat muslim di Badung juga mendukung penuh kegiatan ini," ujar Bupati Giri Prasta, saat pembukaan kegiatan tersebut di Mangupura, Jumat (11/5).

Bupati Giri Prasta mengatakan, pihaknya juga berharap dengan terselenggaranya kegiatan MTQ XXVI Provinsi Bali di Kabupaten Badung Badung dapat menjadi "role model" atau contoh kerukunan umat beragama.

Menariknya, bila mana dari proses seleksi MTQ tersebut duta yang terpilih mewakili Bali pada ajang MTQ tingkat nasional di Medan berprestasi akan diberikan `reward` atau penghargaan dari Pemkab Badung.

"Hadiahnya bahkan hingga berangkat umrah secara gratis. Ini adalah bentuk penghargaan bagi anak-anak yang berprestasi," katanya.

Ketua Panitia MTQ, Wartha Dihati mengatakan, MTQ XXVII akan melombakan sejumlah cabang di antaranya Musabaqah Tartil Quran untuk anak-anak putra putri, Tilawah, Tahfidz Quran, Khod atau Kaligrafi Quran, Fahmil Qur`an, Sahril Quran san Mahkolah Ilmiah.

"Untuk lomba Tahfidz Quran dibagi lagi menjadi beberapa kategori diantaranya 1 Juz usia anak-anak, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz untuk usia remaja putra maupun putri" ujarnya.

Selain itu, Wartha Dihati menjelaskan, panitia juga menggelar lomba festival seni budaya dari lembaga seni Khasidah baik untuk kategori anak-anak, remaja, dewasa putra maupun putri. Termasuk juga lomba mewarnai untuk anak-anak dengan tema ?Kerukunan Hidup Beragama?.

"Maksud diselenggarakannya MTQ XXVII adalah untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran sekaligus menjaring peserta terbaik sebagai duta Provinsi Bali yang akan diikutsertakan pada MTQ Tingkat Nasional di Medan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bali, I Nyoman Lastra juga menyambut baik terselenggaranya MTQ XXVII. Menurut dia, kegiatan yang mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat ini merupakan cerminan dari kearifan lokal yakni "menyama beraya".

"Selaku Kakanwil Kemenag Provinsi Bali saya sampaikan terima kasih khususnya kepada Bupati Badung yang telah mendukung kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan peserta terbaik yang menjadi duta Bali diajang MTQ tingkat nasional," ujarnya.

Adapun jumlah peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Bali yang mengkuti MTQ XXVII sebanyak 724 orang. Terdiri dari peserta MTQ 435 orang, festival seni budaya Islam 117 orang, official 90 orang, Dewan Hakim, 58 orang, Pengawas Dewan Hakim 3 orang, dan Panitera 21 orang. (WDY)

Pewarta: Fikri Yusuf

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018