Gianyar (Antaranews Bali) - Ribuan masyarakat pesisir pantai kabupaten Gianyar, termasuk organisasi kepemudaan, aparatur sipil negara (ASN) di jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan gerakan kebersihan di sekitar Pantai Masceti, Jumat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, gerakan kebersihan menjadi momentum dalam meningkatkan kesadaran semua pihak menjaga kebersihan dan peduli sampah di lingkungan masing-masing.

Gerakan kebersihan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat itu dipimpin Penjabat Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng. Gerakan ini juga menindaklanjuti instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dalam menjaga kebersihan lingkungan di pantai, sungai, kantor, tempat suci dan seluruh wilayah.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong peran serta semua pihak untuk meningkatkan kebersihan lingkungan serta peduli terhadap sampah.

"Aksi peduli lingkungan dan peduli sampah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Gianyar. Namun, dari segi peran serta masyarakat masih perlu ditingkatkan. Kegiatan ini menjadi momentum untuk secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan," ujar Kadis Kujus Pawitra.

Pemkab Gianyar secara berkesinambungan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan dan peduli sampah.

Hal itu dilakukan, karena Gianyar khususnya, dan Bali pada umumnya merupakan daerah destinasi wisata internasional sehingga keamanan dan kebersihan itu sangat penting, terutama sampah plastik dan jenis sampah lainnya.

Oleh sebab itu semua pihak berkepentingan, tidak hanya pemerintah, namun juga komponen masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dapat melakukan kegiatan yang sama yakni menjaga kebersihan lingkungan, pantai khususnya.

Untuk mewujudkan hal itu perlu sinergitas antara pemerintah dan komponen masyarakat atau lembaga sosial lainnya, ujar Kujus Pawitra.

Sementara Pj Bupati Gianyar, I Ketut Rochineng mengatakan, kegiatan kerja bakti bersih-bersih di kawasan Pantai Masceti merupakan "Coastal clean up" atau hari peduli kebersihan laut dengan melaksanakan kebersihan.

"Kegiatan bersih-bersih kali ini merupakan `coastal clean up` dimana kita peduli terhadap kebersihan laut. Kita di Kabupaten Gianyar hanya memiliki pantai sepanjang 14 kilometer yang harus dikelola secara baik, sehingga menjadi pantai yang bersih dan indah sebagai tempat wisata," ujar Rohcineng. (WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018