Denpasar (Antaranews Bali) - Ida Bagus Sradha Nanda dan Ni Kadek Sri Jayanti terpilih sebagai pasangan Jegeg Bagus Kabupaten Klungkung, Bali tahun 2018, setelah berhasil menyisihkan sembilan pasang dalam acara Grand Final yang dibuka Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kania dihadiri Wakil Ketua DPRD Ida Dayu Made Gayatri, Sabtu (28/4).

Pejabat sementara Bupati Klungkung Wayan Sugiada dalam sambutan tertulis dibacakan Sekda Gede Putu Winastra memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Grand Final pemilihan Jegeg Bagus Klungkung 2018. Hal itu sangat penting dalam mempromosikan dan mengembangkan sektor pariwisata.

Membangun kepariwisataan Bali, khususnya di Kabupaten Klungkung harus berlandaskan pada budaya yang dijiwai Agama Hindu serta keunikan Budaya yang dimiliki Bali dan Klungkung pada Khususnya harus dapat dilestarikan serta mendapat penanganan secara berkelanjutan.

Selain itu dilakukan secara bersinergi dangan sektor lain sehingga mampu menarik minat wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berliburan ke wilayah Kabupaten Klungkung dan Bali pada umumnya.

Melalui pemilihan Jegeg Bagus diharapkan mampu memotivasi generasi muda untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan bidang pariwisata dan budaya. Mengingat tujuan pemilihan jegeg bagus untuk mencari dan menemukan sosok jegeg dan bagus yang mampu menjadi duta pariwisata dan budaya bagi kabupaten klungkung  di tingkat nasional maupun internasional, ujar Pjs Bupati Wayan Sugiada.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Nengah Sukasta melaporkan, pemilihan Jegeg Bagus merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun. Sebelum grand final ada beberapa tahapan seleksi yang dilakukan panitia untuk menjaring para finalis sehingga mendapatkan 10 pasang jegeg bagus.

Baca juga: Pemprov Bali Harapkan "Jegeg-Bagus" Kembangkan Pariwisata

Kegiatan tersebut dinilai sangat penting karena mengasah  kecerdasan, keterampilan, kreativitas dan mental dari para peserta. Dengan terpilihnya Jegeg Bagus Klungkung 2018 di tingkat kabupaten, maka nanti akan mewakili daerah ini dalam pemilihan Jegeg Bagus Bali dan diharapkan akan mampu meraih hasil maksimal dalam membawa nama Kabupaten Klungkung di tingkat yang lebih tinggi. (I006/adt)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018