Denpasar (Antaranews Bali) - Pelaksana Tugas Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di sejumlah sekolah di perkotaan, Selasa.

Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengapresiasi pelaksanaan UNBK yang dilakukan sejak Senin (23/4) sudah berjalan lancar.

"Saya mengapresiasi pihak sekolah yang sudah mampu melaksanakan UNBK tahun ini dengan sangat baik. Karena ujian yang berbasis komputer tersebut baru pertama kali," kata Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar Anak Agung Jaya Negara.

Selain itu, kata dia, tantangan yang harus dihadapi sekolah yang menerapkan UNBK, yakni harus memperhatikan akses dan kapasitas internet dan pasokan daya listrik. "Hal-hal yang berkaitan dengan sarana prasarana tentu akan selalu didukung oleh pemerintah bekerja sama dengan dinas terkait," ucapnya.

Ke depan, kata Jaya Negara, pelaksanaan UNBK tahun ini akan menjadi acuan dan evaluasi untuk terus meningkatkan sarana dan kesiapan para siswa di Kota Denpasar.

"Saya berharap para siswa terus bersemangat, termasuk para guru dan tentunya pemerintah akan selalu bersinergi, terkait pelaksanaan UNBK maupun UNKP dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

Berdasarkan data, sebanyak 8.210 siswa negeri dan swasta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Dari sekolah swasta dan negeri di Kota Denpasar, sejumlah 29 sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan selebihnya masih menerapkan sistem UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil).

Terkait dengan pelaksanaan ujian nasional tahun ini Pemerintah Pusat tidak memaksa semua sekolah untuk melaksanakan ujian secara UNBK. Sehingga bagi sekolah yang belum siap masih menerapkan sistem UNKP.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Denpasar Drs I Wayan Dhania MPd mengatakan sangat senang dan berterima kasih atas kesediaan Plt Wali Kota Denpasar Jaya Negara meninjau ke sekolahnya.

"Kami merasa senang bapak Plt Wali Kota Denpasar Jaya negara bersedia meninjau pelaksanaan UNBK di sekolah kami, tentu kedatangannya adalah motivasi kami agar selalu bisa lebih baik dalam menjalankan tugas dasn kewajiban," ucapnya.

Begitu juga UNBK di SMPN 4 Denpasar diikuti oleh 441 peserta yang dibagi menjadi tiga sesi dengan memaksimalkan perangkat komputer yang dimiliki. (WDY)

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018