Denpasar (Antaranews Bali) - Volume sampah kiriman yang bersifat musiman di sepanjang Pantai Beaung hingga Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Bali, mencapai 10 ton per hari.

"Sebagian besar sampah di sini memang sampah kiriman yang merupakan siklus rutin yang terjadi setiap tahun," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar I Ketut Wisada saat ditemui di Pantai Mertasari, Denpasar, Senin.

Volume sampah kiriman itu terjadi setiap awal tahun atau Januari dan diperkirakan akan terus meningkat hingga pada Oktober yang mencapai lima kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Dengan demikian, pihaknya telah mengerahkan tenaga kebersihan yang dibantu komunitas masyarakat dan nelayan agar pantai yang menjadi primadona wisatawan itu tetap bersih.

Dia berharap siklus sampah kiriman itu tidak mengganggu aktivitas warga dan wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Dewata.

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya.

Pihaknya juga mengaku sudah mengatasi masalah warga yang membuang sampah sembarangan dengan memberikan sanksi tegas melalui Perda Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah.

"Di Denpasar sudah tegas sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarang, tapi saya belum tahu detail ini sampah dari mana sumbernya," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komunitas Nuduk Sampah Plastik (KNSP) Denpasar, Gus Hadi mengatakan sampah kiriman di kawasan Pantai Sanur itu terjadi karena tingkah polah masyarakat yang tidak ikut serta menjaga lingkungan.

"Saya juga tidak mengetahui secara detail sumber sampah ini, yang pasti ini sampah masyarakat yang dibuang sembarangan," ujanya.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah lebih tegas dalam menerapkan aturan bagi masyarakat yang secara sengaja membuang sampah sembarangan atau membuang ke sungai.

Tumpukan sampah dari Pantai Beaung hingga Pantai Mertasari dipenuhi sampah platik sisa minuman kemasan, sisa pembungkus makanan ringan dan kayu-kayu. (ed)

Video oleh Wira Suryantala

Pewarta: Wira Suryantala

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018