Negara, (Antaranews Bali) - KPU Jembrana mempekerjakan warga di sekitar kantornya membersihkan kotak suara, untuk kepentingan Pilkada Bali.
     
"Untuk setiap kotak suara yang sudah dibersihkan, kami memberikan upah Rp10 ribu. Warga yang melakukan kerja borongan ini rata-rata berasal dari sekitar sini," kata anggota KPU Jembrana yang mengurusi bidang logistik I Putu Eka Sutamarbawa, di Negara, Kamis.
     
Ia mengatakan, pihaknya menyiapkan 517 kotak suara yang akan disebar di 499 TPS, PPK dan KPU sendiri, saat pemungutan suara Pilkada Bali.
     
Menurutnya, setelah kotak suara itu bersih dan layak digunakan, pihaknya tinggal menunggu distribusi logistik lainnya seperti surat suara dari KPU Provinsi Bali, dilanjutkan dengan membawa logistik tersebut ke TPS sesuai jadwal tahapan yang sudah ditentukan.
     
Pantauan di lokasi, warga yang mendapatkan pekerjaan borongan ini bertugas membersihkan stiker yang menempel pada kotak suara, serta memperbaiki sekrup yang kendor.
     
Toni, salah seorang pekerja mengatakan, ia bersama tiga orang temannya bisa membersihkan dan memperbaiki 100 kotak suara dalam satu hari.
     
"Lumayan untuk penghasilan. Sehari-hari saya bekerja serabutan, kalau ada borongan dari KPU seperti ini pekerjaan yang lain saya tinggal karena hasil disini lebih banyak," katanya.(GBI)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018