Gianyar (Antaranews Bali) - Maskapai penerbangan berbiaya hemat AirAsia Thailand ikut mempromosikan wisata "minat khusus" Bali yang dikemas unik melalui atraksi berbeda, yakni lari yang dikombinasikan dengan makan bertajuk "Kilorun 2018".

"Kami berharap ini akan memberikan hasil yang memuaskan dan menciptakan pengalaman melewati rute yang unik," kata Direktur Komersial Thai AirAsia Santisuk Klongchaiya di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis.

Menurut dia, wisata minat khusus itu digelar untuk menggairahkan pariwisata Indonesia, khususnya Bali, melalui atraksi unik dengan latar belakang pemandangan yang indah dan keaslian budaya Pulau Dewata.

Ia menjelaskan bahwa yang berbeda dari kegiatan itu, yakni peserta diberikan kesempatan menikmati beberapa hidangan khas dari restoran lokal seperti satai ayam, soto ayam, nasi goring, dan bebek goreng sembari mereka berlari (kilogram).

Uniknya, para peserta "Kilorun" yang digelar pada tanggal 2 s.d. 3 Juni 2018 akan mengenakan celemek selama mengikuti kegiatan tersebut.

Tantangan lainnya peserta yang bisa menaikkan berat badan 0,5 kg hingga 1 kg setelah melalui garis henti akan menjadi pemenang.

Untuk "kilometer run" peserta akan melewati ikon wisata di Ubud meliputi monkey forest, Puri Ubud, Museum Puri Lukisan, Pura Taman Saraswati, Pasar Ubud dan beberapa lokasi lainnya dengan tiga pilihan yakni 3, 5, dan 10 kilometer.

Sementara itu, Direktur Niaga Indonesia AirAsia Rifai Taberi mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai bentuk partisipasi grup maskapai penerbangan tersebut mendorong pariwisata di Bali yang kini dalam pemulihan setelah terdampak aktivitas vulkanis Gunung Agung.

Selain mendorong pariwisata, ajang yang digelar bersama dengan Index Creative Village itu juga akan mengenalkan lebih luas potensi kuliner khas Bali kepada wisatawan mancanegara.

"Ini konsep baru dan sangat menantang bukan hanya untuk professional, melainkan juga penikmat kuliner," ucapnya.

Ia merasa optimistis kegiatan tersebut akan mendorong wisatawan mancanegara ke Bali mengingat AirAsia memiliki jaringan yang luas di berbagai negara, melayani rute penerbangan langsung dari Thailand, Australia, Jepang, Malaysia, dan kota-kota lain dari Indonesia ke Bali.

Selain itu, maskapai tersebut akan memberikan penawaran tiket promo penerbangan Bangkok Don Mueang dan rute domestik di Indonesia ke Bali.

Kegiatan serupa juga digelar di Bangkok dengan menarik 2.600 wisatawan dan menyusul di Hanoi dan Osaka Jepang. Bagi wisatawan yang tertarik dengan kegiatan itu dapat membeli tiket dalam jaringan pada www.kilorun.com. (ed)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018